//
you're reading...
Siswa

Kontoversi Hasil Blogfest STIKOM 2007

Menilik hasil lomba Blogfest kemarin minggu tanggal 13 Mei 2007 yang diadakan oleh STIKOM, ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan selaku instruktur TIK SMA Negeri 11 Surabaya kepada semua saja para blogger, baik yang menggunakan blogspot, wordpress atau yang lainnya.

pertama, polemik yang mempersalahkan kemenangan juara 1 yang karyanya hanya copy-paste adalah murni keputusan juri lomba sehingga anulir atas kemenangan para juara hanya layak dilakukan oleh para juri lomba.

kedua, bahwa isi blog juara 1 yang dimenangkan oleh eblin dengan copy-paste-nya adalah tanggung jawab eblin sepenuhnya, pun demikian dengan para blogger yang isi blognya hanya copy-paste. Saran saya, segera cantumkan semua sumber tulisan di mana Anda semua menjumpainya, agar tidak dianggap dan dicap sebagai plagiator. Selaku salah satu instruktur TIK SMA Negeri 11 Surabaya, saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas kelalaian saya dalam memberi tugas dan pengawasan atas hasil karya siswa saya yang tidak menyertakan sumber posting mereka. Ke depan, saya akan memperketat pengawasan terhadap posting-posting yang dilakukan oleh siswa saya, terkait dengan lomba atau tidak.

ketiga, saya ucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada para blogger indonesia (baik blogspot, wordpress atau yang lainnya) yang tenaganya tercurah untuk polemik blogfest ini. perhatian Anda semua sangat berarti dalam membuka wawasan siswa tentang pentingnya hak cipta. Sekali lagi terima kasih.

keempat, kepada STIKOM Surabaya, saya ucapkan terima kasih sekaligus permohonan maaf yang sedalam-dalamnya, terima kasih saya sampaikan atas upaya Anda memacu semangat siswa saya untuk berkompetisi dan memanfaatkan IT dalam keseharian mereka. Maaf saya sampaikan karena kelalaian saya yang kurang mengedukasi mereka tentang pentingnya hak cipta karya orang lain.

kelima, harapan saya ke depan, kompetisi semacam ini tidak terhenti, apa yang menjadi polemik dari hasil blogfest ini bisa dijadikan pelajaran untuk kompetisi di tahun-tahun mendatang.

sekali lagi, saya sampaikan terima kasih dan permohonan maaf kepada seluruh pihak yang berkepentingan dengan blogfest khususnya dan pengembangan IT di Indonesia pada umumnya.

About Gempur

Saya manusia biasa tapi punya mimpi luar biasa

Diskusi

One thought on “Kontoversi Hasil Blogfest STIKOM 2007

  1. Tidak apa-apa, Pak….
    Udah mereda kok hujan cercaannya. :p

    Anggap saja cerminan buat semua. Seperti yang dibilang Calupict
    Seingat saya, selama saya bersekolah dari SD-SMA, aturan kutip-mengutip tulisan orang lain tidak terlalu ditegakkan. Yah, yang namanya tugas membuat makalah juga termasuk jarang. Baru ketika saya kuliah, saya dicereweti dengan namanya aturan pengutipan suatu sumber.

    Saya cuma tidak sepakat yang point pertama, Bapak.
    Harusnya setiap lomba kreativitas, mempersyaratkan penghargaan pada hak cipta. Melanggar persyaratan tersebut, berarti gelar bisa dianulir. Lomba sejenis di masa yang akan datang harus memulai seperti itu.

    Posted by Kunderemp | Mei 20, 2007, 4:00 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: