//
you're reading...
Artikel Ringan

Kontroversi Hasil Blogfest

Menilik hasil lomba Blogfest kemarin minggu tanggal 13 Mei 2007 yang diadakan oleh STIKOM, ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan selaku instruktur TIK SMA Negeri 11 Surabaya kepada semua saja para blogger, baik yang menggunakan blogspot, wordpress atau yang lainnya.

pertama, polemik yang mempersalahkan kemenangan juara 1 yang karyanya hanya copy-paste adalah murni keputusan juri lomba sehingga anulir atas kemenangan para juara hanya layak dilakukan oleh para juri lomba.

kedua, bahwa isi blog juara 1 yang dimenangkan oleh eblin dengan copy-paste-nya adalah tanggung jawab eblin sepenuhnya, pun demikian dengan para blogger yang isi blognya hanya copy-paste. Saran saya, segera cantumkan semua sumber tulisan di mana Anda semua menjumpainya, agar tidak dianggap dan dicap sebagai plagiator. Selaku salah satu instruktur TIK SMA Negeri 11 Surabaya, saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas kelalaian saya dalam memberi tugas dan pengawasan atas hasil karya siswa saya yang tidak menyertakan sumber posting mereka. Ke depan, saya akan memperketat pengawasan terhadap posting-posting yang dilakukan oleh siswa saya, terkait dengan lomba atau tidak.

ketiga, saya ucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada para blogger indonesia (baik blogspot, wordpress atau yang lainnya) yang tenaganya tercurah untuk polemik blogfest ini. perhatian Anda semua sangat berarti dalam membuka wawasan siswa tentang pentingnya hak cipta. Sekali lagi terima kasih.

keempat, kepada STIKOM Surabaya, saya ucapkan terima kasih sekaligus permohonan maaf yang sedalam-dalamnya, terima kasih saya sampaikan atas upaya Anda memacu semangat siswa saya untuk berkompetisi dan memanfaatkan IT dalam keseharian mereka. Maaf saya sampaikan karena kelalaian saya yang kurang mengedukasi mereka tentang pentingnya hak cipta karya orang lain.

kelima, harapan saya ke depan, kompetisi semacam ini tidak terhenti, apa yang menjadi polemik dari hasil blogfest ini bisa dijadikan pelajaran untuk kompetisi di tahun-tahun mendatang.

sekali lagi, saya sampaikan terima kasih dan permohonan maaf kepada seluruh pihak yang berkepentingan dengan blogfest khususnya dan pengembangan IT di Indonesia pada umumnya.

About Gempur

Saya manusia biasa tapi punya mimpi luar biasa

Diskusi

13 thoughts on “Kontroversi Hasil Blogfest

  1. pengawasan yang berlebihan kayaknya ga perlu..

    Posted by Anonymous | Mei 20, 2007, 9:36 am
  2. Loh? kok malah sampeyan yang minta maaf?😀

    –budiw

    Posted by Anonymous | Mei 20, 2007, 4:17 pm
  3. Ah.. terimakasih pak, tapi ini ga perlu… Bapak rumahnya deket juri ga? samperin kalo perlu. Hahahahahahahaha!

    Posted by Black_Claw | Mei 21, 2007, 2:16 am
  4. wah, jadi orang luar yang minta maaf.
    Mana nih panitia dan jurinya? Koq gak ada press release?
    Kalo ada yang bisa bisa dibanggakan aja press release, begitu kena masalah langsung nyungsep😦.

    Posted by silent | Mei 21, 2007, 9:58 am
  5. Pak Guru, salut sama anda. Terlepas dari kontroversi yang ada, anda sudah memperkenalkan blogging sebagai media ekspresi di kalangan siswa.

    Soal kontroversi itu, anggaplah pelajaran teramat berharga untuk murid2 anda..

    Maju terus, pak!!!

    Posted by JaF | Mei 21, 2007, 4:04 pm
  6. .. rasanya pernah deh denger nama go-blog-media..

    ..um..

    oia, di sini: http://www.goblogmedia.com/

    Posted by mBu | Mei 22, 2007, 8:43 am
  7. #mBu: .. rasanya pernah deh denger nama go-blog-media..

    sebenarnya lama saya menunggu ada yang ngomentari Nama Go-Blog-Media milik saya yang mirip dengan goblogmedia.com…hehehehehe

    Yang pasti nama yang saya pilih bukan mengadopsi dan tidak ada niatan sama sekali menjiplak… saya tau nama tersebut terpakai setelah blog saya sudah terlanjur terpakai dan saya kira masing2 pemiliknya memiliki makna yang berbeda… Jika terjadi kesamaan ide maka menurut saya bukan berarti menjiplak, toh saya juga memberi penekanan “tanda yang berbeda dalam penulisannya”…

    Dalam hal ini saya analogkan dengan nama toko, semisal: “Sinar Agung”, di dunia otomotif, dunia kertas maupun dunia usaha lainnya banyak yang menggunakan nama ini dan tidak ada masalah meskipun dalam satu usaha yang sama dengan pemilik yang berbeda. Pun, dengan nama anak, saya kira nama Abdul Ghofur tidak hanya saya seorang, tapi “ombyokan”.. Apa lantas dinamakan menjiplak?… hehehehehe

    dan untuk yang satu ini, saya “haqqul yakin” tidak menjiplak apalagi untuk menandingi kepopuleran goblogmedia.com… ini hanya kebetulan ide yang terpikir di benak saya sama dengan nama web populer yang telah ada..

    btw, makasih atas masukannya..

    Posted by abdul ghofur | Mei 22, 2007, 10:09 am
  8. Waduh aq ikut prihatin nih, Mas. Tapi emang sih banyak blog yang pake copy-paste, tapi ya klo buat lomba sih klo bisa jangan pake copy-paste. Gitu aja d komen aq. Salam kenal ya…

    Posted by Ardian | Mei 22, 2007, 11:59 am
  9. saya salut dengan Pak Ghofur…
    Bapak secara ksatria telah meminta maaf atas kejadian tsb…
    Benar2 guru sejati hehehe

    Posted by deking | Mei 22, 2007, 10:15 pm
  10. Salut pak! *jadi inget pak Tarno negh* He he.. beliau guru IT-ku dulu pas SMA.

    Apa yang bapak lakukan dah respect banget pak. Semoga bapak tetep semangat.

    btw… panitianya dah press release belum segh masalah kontroversi ini???

    Posted by Magenta | Mei 23, 2007, 3:28 pm
  11. Sebenarnya acara kejuaraan itu yah harus seobyektif mungkin sehingga terhindar dari polemik, menurut saya panitia kurang mempertimbangkan hal itu. Sayang hajatan bagus tapi jadi tidak elegan. Apapun hasilnya.
    BTW saya baru tahu ada hal semacam ini.

    Posted by helgeduelbek | Mei 27, 2007, 11:51 pm
  12. Gini aja Pak…

    Buktikan lagi kemampuan anak didik
    di LOMBA BLOG dengan tema ‘Living In Jogja’

    lumayan kalo beruntung bisa dapet HP or MP3 Player loh
    JRC

    Posted by LOMBA BLOG | Mei 29, 2007, 3:05 am
  13. bagus sekali blog dikenalkan pd siswa..
    biar mrk semakin mengenal dan dikenal dunia..😀

    mengenai kontroversi [bukan bermaksud memperpanjang..]:
    • bobot juri/lomba yg mesti dipertanyakan
    → plagiarisme biasanya bs dicek di google, copyscape
    • juri malah terkesan mendidik dgn cara yg relatif salah
    → sptnya malah membenarkan/menganjurkan/memenangkan budaya penjiplakan..walau ‘keputusan juri tdk bs diganggu gugat’, tp hrsnya ada klarifikasi..mungkin pengguna blog yg lain bisa membantu voting (bukan model sms!) utk juara favorit pembaca
    • hak cipta penulisan blog biasanya banyak menggunakan lisensi common creative
    • yg kalah jgn patah semangat, yg menang trs memperbaiki diri😀

    tetap menulis ya pak guru..salut..😀

    Posted by dani iswara | Mei 29, 2007, 5:01 am

Tinggalkan Balasan

