//
you're reading...
Artikel Ringan

Oleh-oleh dari Blogfest

Sebelum berangkat ke Bali kemarin [15 hingga 19 Mei], saya sungguh orang yang mungkin paling bahagia karena di ajang Blogfest STIKOM kemarin SMA 11 meraih hampir semua juara. tepatnya 5 juara dari 6 juara. meski pesertanya cuma 34 orang yang pasti sebagian besar memang dari SMAN 11 Surabaya.

Dari blogfest ini, saya bisa mengambil kesimpulan sedikit, mudah-mudahan yang lain bisa menambahkan. Kesimpulan ini lebih pada masalah penilaian dewan juri terhadap hasil blog.

pertama, Kriteria pertama Penilaian yang dilakukan oleh dewan juri tidak mutlak pada desain blog, tapi lebih mengutamakan isinya. sehingga desain yang baik belum tentu menang, trackback dan semacamnya.

kedua, kriteria penilaian kedua adalah blog yang kompatibel yang bisa dibuka dengan segala jenis browser

Sementara, Orisinalitas karya yang tampaknya terabaikan di sini telah menjadi polemik yang luar biasa, sampai di meja “bapak Blog Indonesia”

Baru hari ini saya mendapat berita via email, bahwa juara 1 blogfest telah menjadi bahan cercaan di kalangan komunitas blogger Indonesia [baik blogspot atau pun wordpress] meski tak sedikit yang membelanya.

segera saja saya berkunjung ke blognya pemenang, ternyata benar! blognya dihadiahi komentar pedas dan tak enak atas perilakunya yang cuma kopi+paste tanpa disertai sumber yang jelas.

Atas peristiwa ini, saya sungguh prihatin, karena ini juga bagian dari kesalahan saya yang tak mengajarkan dengan baik apa itu hak cipta pada siswa. Meski demikian, saya meminta kepada para pemenang untuk memperbaiki blognya dan memperbaiki perilaku kita bersama terkait dengan hak cipta.

Saya meminta kepada semua saja keluarga besar SMAN 11 Surabaya untuk lebih memperhatikan tentang hak cipta meski itu berat. Menulis sendiri itu tetap lebih baik daripada mengambil karya orang lain, meskipun dituliskan sumbernya, apalagi tak dicantumkan sumbernya.

Kalaupun kita kesulitan untuk tidak membajak, baiknya kita batasi, kita mulai untuk tidak membajak tulisan dan karya saudara kita sendiri.

Mohon bantuannya rekan-rekan komunitas untuk membantu edukasi tentang hak cipta.

About Gempur

Saya manusia biasa tapi punya mimpi luar biasa

Diskusi

2 thoughts on “Oleh-oleh dari Blogfest

  1. Sudahlah…yang penting kita bisa belajar atas semua yang terjadi

    Posted by deking | Mei 22, 2007, 10:14 pm
  2. anehnya, pihak juri dan panitia lombanya kemana?

    kok ngilang gitu aja?

    parah deh ah.

    Posted by Anonymous | Mei 25, 2007, 12:24 am

Tinggalkan Balasan

