//
you're reading...
Artikel Ringan

Blog untuk Pelajar: Antara Kewajiban dan Kebutuhan

Blog, bagaimanapun tak bisa disangkal sebagai sebuah trend digital yang paling digemari saat ini. Mau jadi penulis? gampang, tak butuh penerbit. Mau jadi sastrawan, juga tak butuh percetakan dan penerbitan. Mau jadi jurnalis? Tak perlu surat kabar, atau mau jadi apapun yang diinginkan bisa terjadi di blog.

Sebagai seorang guru yang memiliki kewenangan memberi tugas pada siswanya, rasanya pas untuk mewajibkan siswanya memiliki blog. Dengan pertimbangan yang masuk akal tentunya. Hal ini telah dilakukan dan banyak hikmah positif yang bisa diambil dari sini.

Hal positif yang terjadi di kalangan pelajar di antaranya adalah

Pertama, memberi batasan dan arah yang jelas ketika mereka berselancar di internet. Mereka tidak serta merta membabi buta dan tak terarah memasuki belantara dunia maya. Satu hal yang jelas, mereka punya tujuan.

Kedua, membiasakan diri dengan teknologi internet dan bergaul secara positif dengannya.

Ketiga, mereka mulai belajar dan mudah-mudahan keranjingan menulis, menuliskan apa saja yang bisa mereka ungkapkan.

Keempat, dengan menulis, mereka bisa berekspresi mengungkapkan pikirannya, tidak terhenti sampai di sini, mereka juga akan berinteraksi dan bersosisalisasi dengan banyak orang dan komunitas.

Keempat hikmah positif di atas jika ditekuni dan menjadi kebiasaan dan kebutuhan akan berbuah menjadi sesuatu yang positif yang mungkin mampu mengantarkan mereka menjadi seorang penulis yang baik, jurnalis yang baik, sastrawan yang baik atau apa pun saja yang mereka hendak inginkan.

Hanya saja, yang menjadi ganjalan adalah ketika mereka mengerjakan blog hanya sekedar memenuhi tugas dan isinya tak lebih hanya copy-paste dari web lain. Maka, bisa dipastikan empat hikmah di atas akan sulit tercapai dan terealisasi. Karena memang bukan kebutuhan, tentunya tak akan diutak-utik hingga sebuah perintah datang yang memaksa mereka menghampirinya.

Mudah-mudahan tulisan ini bisa membuka cakrawala berpikir kita dalam menyikapi blog. Bagaimana pun, blog hanyalah sebuah pilihan dari sekian banyak pilihan yang ada. Semua kembali kepada kita, apa hanya sekedar kewajiban atau memang kebutuhan…? Wallahu A’lam

About Gempur

Saya manusia biasa tapi punya mimpi luar biasa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: