//
you're reading...
Aku dan Pikiranku, Sketsa

Terjaga dari Tidur

Sepinya Alam Kubur dan Bermaknanya Hidup

Malam minggu kulewatkan dengan tidur bertiga bersama istri dan anakku sehabis isya’ selesai. Tak seperti biasanya, aku bermimpi yang kukira semacam perjalanan di alam lain.

Tiba-tiba saja kematian menghantui, dalam mimpi kulihat sebuah kuburan yang tak terawat di depan sebuah rumah yang mungkin orang tak menyangka bahwa pelataran rumah itu ada kuburan. Tidak angker sebenarnya, hanya aku membayangkan bahwa yang ada dalam kuburan itu adalah aku. Entah bagaimana rasanya ada di dalam tanah menikmati kesepian berabad-abad menunggu di alam kubur hingga entah kapan dibangkitkan kembali untuk dapat bercengkerama dengan kehidupan. Entah mengapa berlangsung begitu saja, aku tenggelam menjadi sang ahli kubur, terpekur merenung sendirian tanpa teman menghitung waktu menunggu tuntasnya peradaban. Aku rasakan begitu nyata, ada kehidupan di sekitarku, ingin bertegur sapa, tapi yang kusapa tak melihatku, yang kuajak bercengkerama tak menganggap kehadiranku…. Berulang dan berulang…. Aku menyerah… aku lelah menghampiri kehidupan karena kehidupan tak menghirauku. Kembali ke pusara, bersandar nisan… sendirian. Menatap lalu lalang kehidupan, sementara aku merenung meratapi nasibku, bagaimana bisa aku tanpa teman dalam kubur?

Sungguh mengerikan, kesepian, tanpa siksaan alam kubur pun bagiku juga adalah penderitaan dan sungguh… benar-benar sungguh menakutkan. Karena keseharianku akhir-akhir ini tidaklah aku lewatkan dengan sendiri, justru sebaliknya, bercanda dengan anak dan istriku, murid-muridku, teman-temanku. Jika tiba-tiba mereka semua menghilang dari diriku…. (Ya Allah, begitu melekatnyakah dunia dalam diriku hingga diri-Mu begitu jauh?)

Aku teringat kata-kata ustadzku -entah yang mana aku lupa- bahwa memang dalam kubur kita akan sendirian dalam kurun waktu yang lama, terserah kamu berbuat apa selama di dunia, tapi ingatlah mati pasti datang menjemputmu.

Masih dalam mimpi, aku kembali menjadi orang normal yang sedang menatap kuburan itu, aku lihat dengan jelas penghuni kubur itu…. (Ya Allah, bulu kudukku merinding saat mengetikkan tulisan ini, aku begitu tercekam ketakutan luar biasa, kuteguk kopi hangat buatan istriku untuk meredakan tegangnya uratku)…. Di luar dugaanku, penghuni kubur itu adalah orang yang kukenal dekat dan rajin beribadah, sudah haji orangnya…. Dengan wajah pasrah, ia menghampiriku, ia sampaikan keluhnya, pun tak lupa wejangannya padaku agar selalu berbuat baik, perbanyak amal sholih dan sebarkanlah kebaikan, karena ia yang akan menjadi teman dalam kubur agar tak kesepian menunggu datangnya hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur….

Aliran darahku terasa keras memompakan semangat meneguhkan hatiku untuk selalu berbuat dan menebarkan kebaikan dan kebajikan. Dalam hati kecilku berkata: “Ya Allah, Tuhanku tolong jangan ambil aku sekarang, aku ingin berbuat lebih baik lagi di dunia…. Ya Allah, panjangkanlah umurku untuk berbuat amal baik sebanyak-banyaknya… Ya Allah, Tuhanku, terima kasih dan syukurku pada-Mu telah memberiku pelajaran betapa bermaknanya hidup. Kuatkan diriku untuk tak menyia-nyiakannya”.

Kakiku terasa digerakkan, ah, ternyata istriku membangunkanku, aku belum sholat isya’, motor juga belum kumasukkan ke kandangnya. Pikiranku masih terbawa suasana alam mimpi….

Terima kasih Ya Allah, Engkau masih mau menghampiriku di tengah kelalaianku untuk selalu bersyukur pada-Mu

About Gempur

Saya manusia biasa tapi punya mimpi luar biasa

Diskusi

12 thoughts on “Terjaga dari Tidur

  1. Artikel yang ga bisa dicerna pke logika. Mimpi yang mengingatkan manusia akan kehidupan yang gak hanya ada di alam nyata sekarang. Masih ada kehidupan lain yang menanti, yang kekal, yang pasti manusia datangi.
    Stuju…..!!!!!!Bagus banget nie artikel.

    Mas Admin berkata:
    Ni Luh, saya kurang begitu tau tentang yang tak bisa dicerna logika… hehehehe… Tapi, yang pasti saya juga berdo’a untukmu… Mudah2an, kamu bisa menikmati nirwana, meninggal langsung ke nirwana, tak perlu reinkarnasi untuk menyelesaikan hutang2 dunia… sesuai ajaranmu….. Mudah2an saya gak salah ya?!!!… Mohon maaf bila saya salah…

    Karena itu oleh2 yang saya dapat dari Bali kemaren…. sekali lagi maaf kalo salah…..

    Posted by Ni luh S. P | Mei 29, 2007, 1:14 am
  2. Pak, Q juga ikut takut saat baca ini. Untung aku waktu Q baca ini Q gak sendirian. Q juga sering mimpi buruk saat ninggalin sholat. Tapi Q bersyukur gak sampai mimpi seburuk itu

    Mas Admin berkata:
    aduh asiah, ini mah bukan mimpi buruk atuh neng!… very2 nice dream…. hehehehehehe… mudah2an kamu dan teman2mu yang baca bisa ambil hikmahnya…. dan kalian semua masuk surga…. Amiiiinnnn

    Posted by asiah | Juni 3, 2007, 10:28 pm
  3. bapak…bolehkan aku nangis sebentar……….

    aku selalu sedih kalo dirumah sendirian ,, bukannya takut ,,,,,,,tapi aku emang gak suka sendirian……..aku benci sunyi…..aku benci ketakutan………aku benci sepi…………aku benci air mata………..aku benci diriku yang lemah….aku benci hatiku yang labil…….

    semoga di ladang perjuangan yang pernuh warna ini ….kita, aku , bapak, semua…….tak hanya hidup mematungkan hati….tak hanya mencari kehidupan untuk diri sendiri……….kita berjuang sama sama…….mencapai nirwana dunia dan mencapai ridho Allah menghuni jannatullah……amiin…!!!

    Mas Admin berkata:
    waduh, kamu kok punya hobi nangis… tapi gak papa lah… mudah2an tangismu diterima di sisi-Nya… jadi penyejuk kala di padang mahsyar…. begitu kata para ustadz saya… bahwa air mata yang jatuh karena-Nya, akan menjadi pelindung kita nanti…. Aminn Allahumma Amin

    Selamat berjuang!!!

    Posted by hanna | Juni 4, 2007, 1:00 pm
  4. Assalamualaikum Wr.Wb.
    pak kalau malam mingguan jangan dirumah aja!!!mang g boring??? he3x.
    pak mimpinya serem banget kayak nyata banget hiii!!!
    atuut pak bacanya….!

    Mas Admin berkata:
    kalo bersama keluarga, ngapain boring, apalagi tidurnya barengan, emang sorenya udah capek duluan, so, abis maghrib, tancap gas ke tempat tidur… btw, makasih udah mampir

    Posted by ellin | Juni 5, 2007, 11:41 am
  5. assalamualaikum…
    bagusss banget artikelnya,, pas baca hati ku tersentuh ampe mau nangis deh(hiks..hiks..).q juga pernah mimpi kyk gitu tapi ndak seserem mimpi pak Ghofur. dalam mimpi q diliatin kehidupan yang akan aku jalani kelak…dam setelah itu q sadar kl selama ini q masih bolong shaltnya.makanya mulai skrg q rajin shalat dan memperbanyak amal baikq.. karena sebenarnya qta didunia cm sementara ibarat mampir ke warung lalu pulan…oleh karenaitu qta berjuang sama sama ya..pak….SEMANGAAT!!!

    Mas Admin berkata:
    yah, mudah2an, kita bisa saling mengingatkan, jika salah segera saja saya diluruskan, jika benar, silakan dipake… oke, mari kita sama2 berjuang…

    Posted by nunki p.s | Juni 8, 2007, 8:01 am
  6. doa dulu sebelum tidur nanti keblabasan mimpinya. Masa sepeda motornya masih di luar. Entar dipinjam maling Lo!

    Mas Admin berkata:
    karena saya sering lupa, do’akan saya saja yah! setiap dipa mau tidur, hehehehehe… Syukurlah, malingnya masih enggan menghampiri… hehehehehe

    Posted by Dipa | Juni 9, 2007, 11:02 am
  7. Ga salah kok. Tiap manusia yang beriman and percaya adanya Tuhan pasti pengen meninggal langsung masuk nirwana, ga pake mampir dulu ke neraka. Makasih buat doanya, moga di dengar oleh Nya dan dikabulkan. Aneh ja mimpi Bapak kayak gitu. Brarti Bapak beruntung dunk bisa diperingatkan lewat mimpi.

    Mas Admin berkata:
    Alhamdulillah, masih banyak orang yang mendo’akan saya beruntung, mudah2an begitu juga bagi yg mendo’akan

    Posted by ni luh s.p | Juni 9, 2007, 11:33 am
  8. pak artikelnya lumayan pak,semua artikel yang bapak tulis bagus banget jangan menyerah ya pak utk nulis lebih banyak artikel lagi jangan lupa kunjungi blog saya untuk ngasih comment artikel saya, nama blog saya ganti yaitu sendy-web.blogspot.com

    Mas Admin berkata:
    makasih udah baca artikel saya, blogmu itu artikelnya tdk orisinil… segera diganti atau cantumkan sumbernya.. saya sdh ingatkan lhooo….

    Posted by sendy | Juni 11, 2007, 2:02 pm
  9. pak artikelnya sekali lagi tak komentari, pak kalau nulis artikel tiap hari kok diperbarui apa gak capek.

    Mas Admin berkata:
    Alhamdulillah, sedikit waktu di sela kerjaan, pasti saya sempatkan buka blog dan minimal cari bahan kajian, jika ketemu baru saya posting…

    Posted by sendy | Juni 13, 2007, 12:50 pm
  10. biarin pak………hobby ku emang nangis
    walaupun g menyelesaikan masalah
    minimal mengurangi sesak napas karena perasaan yang meluap

    walaupun aku suka es krim dan suka nangis
    tapi aku gak mau dipanggil “hey whon” sama tere….

    btw aku bakal kehilangan teman macem sampean kalo aq dah keluwar sma 11…….

    Mas Admin berkata:
    Makanya, kalo gak pengen kehilangan, bikin aktif tuh blognya!!! capek kalo cuman friedsteran doang!! kita bisa berbagi pikiran dan pendapat kita.. pasti gak bakal kehilangan, lha wong komunikasi terjaga, tul nggak!

    Posted by hanna | Juni 13, 2007, 3:22 pm
  11. jangan banyak pikir pikir setelah mendapat mimpi kerjakan yang THE BEST amal hidup kebaikan dan berjuang sekuat – kuatnya untuk mengikuti jejak NABI MUHHAMAD SAW sampai nyawa terputus dengan raga , gunakan kesempatan ini jangan di sia-siakan , sesal tiada guna hanya saja sklumit tiada berharga , dari edy hamdallah puspipek pagedangan .

    Posted by edi sukmana hamdalah | Juli 23, 2009, 10:23 pm
  12. jangan banyak pikir pikir setelah mendapat mimpi kerjakan yang THE BEST amal hidup kebaikan dan berjuang sekuat – kuatnya untuk mengikuti jejak NABI MUHHAMAD SAW sampai nyawa terputus dengan raga , gunakan kesempatan ini jangan di sia-siakan , sesal tiada guna hanya saja sklumit tiada berharga , dari edy hamdallah puspipek pagedangan .

    Posted by edi sukmana hamdalah | Juli 23, 2009, 10:26 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: