//
you're reading...
Komputer, Tutorial

Membuat File PDF

Mengubah dokumen kita ke dalam bentuk pdf (portable document format) tidaklah sesulit yang dibayangkan. Banyak sudah yang membahas bagaimana caranya mengubah file word, excel, powerpoint dll ke dalam bentuk pdf. Minta aja bantuan eyang google untuk mencari artikelnya, pasti ketemu, dan jumlahnya ‘ombyokan’. ketikkan aja kata kunci semisal "konversi doc ke pdf".. pasti jawabannya banyak banget.

Dari sekian banyak artikel, saya pikir2 kok sudah banyak yang membahasnya dengan software adobe distiller dan semacamnya. Maka kali ini, saya coba menggunakan software lain yang 100% freeware dan tidak ada iklan/banner di footer hasil konversinya. Bukan bermaksud promosi, coba gunakan ‘PrimoPdf’ dengan cara download dulu ‘primopdf’, Link untuk donwload

Setelah mendapatkan software ini, langkah berikutnya adalah

  1. silakan diinstal, setelah selesai instalasi,
  2. buka dokumen yang akan dijadikan pdf. perlu diperhatikan bahwa cara kerja software ini seperti printer. saya memberinya istilah virtual printer,
  3. setelah dokumen anda terbuka, maka klik menu file-print, pada bagian pilihan printer, pilih primopdf dan klik ok. Muncul jendela print primopdf,
  4. Jangan lupa mengubah lokasi penyimpanan dan pemberian nama file pdf-nya
  5. Setelah pengaturan lokasi penyimpanan selesai, silakan klik OK
  6. akan keluar file baru berekstensi pdf yang langsung terbuka… selamat anda telah berhasil

 

Tips:

Pada tab ‘security’ di jendela print primopdf, anda bisa mengatur keamanan data anda dengan memberikan password dan pada bagian ‘document properties’, anda bisa mengisikan title, author, subject dan keywords yang berguna untuk menjaga hak cipta anda

About Gempur

Saya manusia biasa tapi punya mimpi luar biasa

Diskusi

3 thoughts on “Membuat File PDF

  1. saya agak kesulitan dengan file pdf pak. dijelaskan secara rinci bisa ga ?

    Mas Admin berkata:
    kesulitannya apa? yang jelas dong!… klo kegunaan pdf, saya bisa jelaskan, pdf, kependekan dari portable document format, dari namanya aja udah keliatan, kalo file ini sangat portable, file yang bisa dibuka menggunakan browser internet semacam internet explore dan mozilla firefox saat kita online… sementara file2 lain seperti word, excel, kudu didownload dulu baru dibuka di komp lokal….

    tapi kalo kebingungannya ada di bagian proses konversi, maka setelah konversi, file yang dihasilkan bisa dibuka dengan menggunakan software adobe acrobat reader atau foxit reader…

    Posted by pram | Juni 9, 2007, 1:47 pm
  2. pak mau tanya nih, foxit reader itu portabel ya pak jadi gak perlu diinstal?,,trus foxit reader sama adobe acrobat/reader itu lebih cepat mana pak, katanya foxit reader gak makan resource banyak ya di komputer,bener gak?

    Posted by anton | April 5, 2008, 8:20 am
  3. Terima kasih info berharganya !!! Sukses untuk anda !!!

    Posted by Jodi | Desember 29, 2008, 9:50 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: