//
you're reading...
Aku dan Pikiranku, Sumbang Saran

Belajar Menulis

Menulis lagi dan menulis lagi, bukan pekerjaan mudah memang. Tak semudah merakit komputer kupikir, hahahaha. Merangkai kata menjadi kalimat, kalimat menjadi paragraf, paragraf menjadi wacana dan akhirnya memiliki makna, bukan hal yang mudah. emmhhhhh…

Ada komentar di salah satu artikel saya yang mengatakan, "Pak, kok bisa tiap hari bikin artikel/posting, kok bisa?". Saya juga bingung dengan pertanyaan ini. Lha wong saya gak tiap hari bikin artikelnya kok. Saya juga belajar. Pemicunya sederhana, pertama, saya memang orang yang banyak masalah sehingga saya merasa perlu mendokmentasikan masalah saya dan saya punya medianya, so what? Kedua, saya merasa gagal menjadi seorang penulis yang baik dengan tidak memanfaatkan kuliah saya dulu dan kali ini untuk menebusnya. Ketiga, kini saya pengajar -meminjam istilah dari kawan saya- kalau saya meminta siswa saya buat blog dan mengisinya dengan pikiran mereka, apa kemudian saya memberi contoh dengan blog saya yang kosong melompong? hahahaha. Aneh jadinya, inkonsistensi saya pikir hahahaha… So, its enough reasons to make me write again… I mean learn to write…

 

Lalu, gimana memulai menulis? yah, mulai aja seadanya, apa yang saya miliki, seminim apa pun kosakata saya, tetep saya keluarkan, toh, nanti proses juga yang akan mendewasakan dan akan menemukan sendiri bentuk tulisan saya. Tapi, yang jelas, kemalasan dan kebuntuan harus dilawan. Karena dua hal ini sering menghinggapi para penulis. menurut saya lhooo..

Satu lagi yang menjadikan saya mencoba mulai menyenangi menulis, seringkali obrolan-obrolan yang bermakna dengan kawan-kawan menguap ditelan angin, sayang, kalau serakan hidup itu tak dipungut dan diabadikan dalam tulisan. Maksud saya, hanya ingin memaknai hidup lebih baik. Mudah-mudahan tak salah motivasi saya.

Jadi, bagi anda yang ingin memulai menulis, segeralah menulis, jangan lewatkan hidup anda yang bermakna tanpa menuliskannya. Selamat menulis! 

About Gempur

Saya manusia biasa tapi punya mimpi luar biasa

Diskusi

13 thoughts on “Belajar Menulis

  1. Interesting… pendapat sampeyan tentang inkonsistensi menyadarkan betapa selama ini saya ini orang yang tidak konsisten dengan apa2 yang ada dalam pemikiran saya.. T.T Jadi inget betapa seringnya saya lari dari kenyataan meskipun saya tahu itu salah..

    Maap sedikit OOT, menyedihkan memang klo ngeliat banyak pengajar yg menganggap profesinya sebagai sebuah pekerjaan saja, tapi gak disertai pengabdian.. T.T (maaf klo ada yg tersinggung.. just some thought).. padahal menjadi seorang pendidik ato pengajar juga memiliki tanggung jawab besar atas apa yang diajarkan.. sering saya mendapati para pengajar yg mencampur adukkan masalah pribadinya dengan apa yg diajarkan, imbasnya ya itu.. yg diajari ikut sumpek gara2 ngajarnya sumpek-sumpek’an, akhirnya yg diajarkan gak masuk. Nah klo udah gini baik yg mengajar ato yg diajarin sama2 tambah sumpek.. gak jelas khan ? hahaha ^__^

    Menulis emang paling enak kalo dibiarin nge-flow, hehehe terutama buat aq yg notabene agak benci dengan aturan menulis en sak karep’e dewe, yg penting stay on the line, klo ada lekuk’annya ya gak jauh2 lah dari garis besarnya,.. hehehhe (mhh.. except for some formal cases, I have to use proper words and phrase, thats a pain!! LoL)..

    Aq sendiri jadi tambah gak jelas, efek ngantuk kali ya.. 03:40 in the morning… duh, sekalian nunggu subuh deh, abis subuhan baru bubu’…..

    Mas Admin berkata:
    waduh, kok mlah nfath yang merasa inkonsisten hehehehe.. saya tak bermaksud begitu lho. btw, kok sampe jam 3.40 ngapain aja, bukannya warnet dah tutup? tau gitu, aku online dari rumah, kita chatting… hehehehehehe. soale aku juga gak tidur semalaman. buat laporan. Alhamdulillah, barusn dari kanwil dan diterima. agak lega, soale dah sebulan je!

    Posted by nFath | Juni 15, 2007, 3:41 am
  2. Wah…saya JUga PAK!!menuLIs lewat Insting, Cita2 KEciL pengin JAdi NOveLIs Gitu!!udah banyak CErpen SIh…YA KApan2 Q kirimin YA PAK!!!

    JUz WAit And See!!

    PEacE!!

    Mas Admin berkata:
    wahh, asyik dong! bisa nostalgia lagi dengan cerpen saya… oke deh saya tunggu… segera aja diupload. ntar tak baca, bener lhoooo! saya mencoba menjadi penikmat cerpen..

    Posted by shefti | Juni 15, 2007, 10:01 am
  3. Asal mengalir begitu saja itu lebih enak, kalo anak didik kita melihat dan membaca lalu mendapatkan hal yang baik ini akan menjadikan motivasinya untuk berkembang. Bener pak kalo profesi hanya sebuah pekerjaan, inovasi bakalan macet.

    Mas Admin berkata:
    makasih pak kunjungannya, memang betul yang bapak katakan, baiknya kita tekuni profesi tidak hanya sebagai kerja tapi juga ibadah. Insya Allah lebih bermakna jika dibandingkan dengan hanya krja… mudah2an bs diterima

    Posted by pututik | Juni 15, 2007, 6:02 pm
  4. terima kasih loh pak…..
    karena tulisan ini, kami berdua jadi terpacu untuk menulis di blog.
    ya….meskipun masih g’ sebagus punya bapak.
    tapi namanya juga belajar. Kalau g’ dimulai sekarang kapan lagi???!!!!

    Mas Admin berkata
    emmhhh… mika, tulisan saya sendiri sebenernya jauh dari kriteria bagus, tanya aja para pakar dan penulis, saya juga masih kudu banyak memperkaya wawasan, gaya bahasa dan kosakata, semakin luas wawasan semakin lapang jiwa dan bijaksana, semakin kaya kosakata, semakin mudah kita menuangkannya dan semakin dalam kita pelajari gaya bahasa semakin santun tulisan kita. Mudah2an mika-kamim jadi penulis handal.

    Posted by mikakompas | Juni 17, 2007, 9:37 am
  5. Pak….makasih atas komennya di kompas-sheirush.blogspot.com ya PAK!!

    saya benar2 tersanjung..jadi makin PD melangkah lebih jauh niH!!buanyak proyek cerpen+novel di rumah tapi ya gitu..terbengkalai gara2 ga ada Suntikan SPIRIT!!
    hehehe…
    pas iseng tak bacain ke temen2, ternyata respon mereka positif! trus, katanya juga klo cerpen yang Q buat tuh BEDA!!!

    HORE!!

    Mohon Dukungan Bapak….

    Mas Admin berkata:
    I’m waiting.. as soon as possible, upload your writing.. have a nice experience…

    Posted by shefti | Juni 17, 2007, 11:51 am
  6. Duuuuhh,,, dah gede masa’ lom bsa nulis se???
    NulisNy gampang……. Bwt kata2Ny tuh yg susah!!!!!
    Pa Lagi klo mikir ndiri,,,,,,,,
    puyeng tuuuuuuhhhh!!!!!
    kata2Ny bpk salah no….!!!!
    nulis sey gmpang2 aja!!! mikirNy yg g karuan!!!
    Gettttoooww!!!!
    wezz…wezz Yo opo sEy????!!
    Hwehehe,,,,*
    Syiiiiiiipppp Lahhhhh!!!!

    Mas Admin berkata:
    ehmmmm, iya lah! meski udah gedhe gini, saya juga kesulitan kok untuk menulis, apalagi mikirnya.. hehehhehe

    Posted by Rinanti | Juni 17, 2007, 8:00 pm
  7. pak mungkin bapak bisa menulis artikel dengan melihat lingkungan sekitar bapak dan mungkin bapak menulisnya kurang mendalam dan tidak ada latar belakang untuk nulis artikel itu coba pikirkan lagi

    Mas Admin berkata:
    iya, makasih, saya masih dan terus akan banyak belajar, terutama dari lingkungan sekitar saya, tidak dari lingkungan lain kok, apalagi dari alam lain.. hehehehehe

    Posted by wahyu oo | Juni 17, 2007, 8:18 pm
  8. That’s right pakde ghofur……
    menulis merupakan satu model pembelajaran dan dengan menulis kita dapat mengalahkan musuh kita yang bernama malas. setuju tidak??? btw,anyway,busway. pak,gmn crnya ganti templates tanpa harus hilang jam ,kalender,dll? kalau ganti templates beritanya hilang nggak pak? hhmmm…. nilai ulangan sy dibantu ya??? heheheheh2x. chao.

    Mas Admin berkata:
    Siiiip, ayo terus menulis, jangan menyerah. btw, ganti templates gak bakalan kehilangan posting. template hanya kulit saja, tidak merusak isi, kecuali kalo sudah ditambahi script html dari luar, itu tergantung dari template apa yang dipake. old template atau new template-nya blogger? kalo old template, sepertinya akan kehilangan script luar seperi jam dan shoutbox, tapi amannya, backup dulu template lamanya, trus upgrade ke new templatenya blogger, akan lebih mudah di new template untuk menambahkan fitur2 dari luar.

    Posted by AngGi-San | Juni 19, 2007, 5:09 pm
  9. Nahhh Mang bEnEr Tuh!! Posting tuh mang susah Pa’E!!!
    Lha Gtu qta disuruh rajin2 posting. Wuiiihh!! Cepa’ deh!
    Eh kELiru….. MksudNy tuh Cape’ Deh!!
    Mskipun Gtu… Apa sey yg ga’ bwt GuruQ 1ni. Ciieeee
    MksudNy bwt NILAInya getto!! Jo GR seeekk!!! Hwehe*
    Thanx CommenTNy…. n Yo wEs Lah Gini Ae. Bye Paaaaakk!!!!

    Posted by Rinanti | Juni 21, 2007, 11:37 am
  10. menurut aq, tulisannya dah siip kok!cukup ngebuat orang sedikit penasaran ama ceritanya! maka dari itu, pak Ghofur kudu terus nulis biar para pembaca yang awalnya cuma sedikit penasaran lama2 jadi penasaran buanget. kalo dah penasaran buanget, berarti tulisannya mang bener2 menarik untuk dibaca. buat pak Ghofur, semangat ya! dan jok pernah berhenti nulisnya ato ngetik cerita2 yang siip lah pokoknya! ntar kalo aq lagi di lab tik insya Allah tak baca kok, tapi ceritanya kudu yang baru dari cerita2 yang hari ini!duh…jadi ngga’selesai2 kasi’ sarannya! ya wez lah, gitu aja ya pak! =>

    Posted by mbi'XII IPA4 | Juli 26, 2007, 8:00 am
  11. Quote:
    Tapi, yang jelas, kemalasan dan kebuntuan harus dilawan. Karena dua hal ini sering menghinggapi para penulis. menurut saya lhooo..

    itu masalahnya pak, kadang sempet, kadang nggak. Klo sempet malah lupa buka blog. Klo gak sempet malah kepengeennn banget..

    hehehe….

    Posted by arimbi | Juli 27, 2007, 7:11 pm
  12. Weh…aku ora ngerti opo ae sing mbek tulis.tapi aku salut lan ndukung lah. JEK AKU LALI CARANE NGGAWE DOWNLOAD LINK gawe muridku sing apene download dataku. tolong yooo. kirim balasane.

    Posted by Eko Banyu Urip | Agustus 13, 2008, 8:40 pm
  13. hai mat kenal admin.maju bersama blooger dan web.

    Posted by rika | April 6, 2009, 6:27 pm

Tinggalkan Balasan

