//
you're reading...
Aktifitas, Aku dan Pikiranku

Tentang PSB dan UAN

Selesai sudah tugas di psb. Bebeapa hal yang patut disyukuri di antaranya berkurangnya tugas teknis yang banyak diambil alih oleh teman-teman dari ITS (di antaranya ada mas Hatta selaku koordinator/ troubleshooter, mas danar dan mas rendy di bagian entry data). Sementara tugas-tugas lainnya masih sama seperti tahun-tahun kemarin. Sistem PSB tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya saya pikir. Setidaknya pembagian kawasan menjadikan sekolah-sekolah yg ada di pinggiran tak terpaut jauh dengan sekolah tengah (SMA kompleks- SMA 1,2,5,9 ketambahan SMA 6) dari sisi input siswa.

Persebaran nilai nun tinggi tidak didominasi sekolah tengah. Meski bukan patokan utama, minimal ada acuan, meski banyak kalangan yang meragukan kemurnian nilai UN tahun ini. Di tengah perubahan standar minimal kelulusan UN yang 5,00 (meningkat dari 4,5) mengundang kekhawatiran masyarakat akan tingginya angka ketidaklulusan siswa tahun ini. Hanya saja yang terjadi sebaliknya, angka ketidaklulusan justru semakin kecil. Muncul pertanyaan yang mengusik, kok bisa? Beberapa kejadian di lapangan menyebutkan bahwa soal UN 2007 ternyata jauh lebih mudah dari pada soal try out yang dibuat Dinas Pendidikan Kota Surabaya yang menghasilkan angka ketidaklulusan yang bombastis.

Kenyataan bahwa nilai NUN diragukan sebagai representasi kualitas siswa terbukti di sekolah tempat saya bernaung. Menilik hasil PSB tahun lalu, minimal NUN yg diterima 25,00 dengan materi 3 mata pelajaran. Artinya rata-rata nilai siswa adalah 8 ke atas. Namun, kenyataan ini tak berbanding lurus dengan kenaikan kelas tahun ini yang tak menaikkan 10 siswa lebih. Setau saya, ini rekor terbanyak dalam 10 tahun terakhir. Ironis memang.

Kembali pada PSB 2007 kota surabaya, saya kira, terlepas diragukan atau tidaknya hasil NUN, saya melihat ada perbaikan sistem yang menjadikan masyarakat tak hanya memfavoritkan sekolah tengah. Proyek sekolah kawasan yang digagas Dinas Pendidikan Kota Surabaya sepertinya layak dikembangkan untuk pemerataan kualitas pendidikan. Terlebih di tengah maraknya iklan SMK di media massa menjadikan kompetisi perbaikan kualitas pendidikan semakin kental terasa.

About Gempur

Saya manusia biasa tapi punya mimpi luar biasa

Diskusi

6 thoughts on “Tentang PSB dan UAN

  1. Ass,, Pak Q mo tanya ni.. kan Q lupa username n password so Q ga bisa login di sma11sby.com trus q bikin komentar tuk artikel tapi malah muncul tulisan You are not authorised to view this resource.
    You need to login. truz Q bikin email baru lagi trus register tapi tapi tetep aza waktu q bikin komentar malah muncul kata2 itu lagi,, so q mesti gimana Pak Ghofur?? Balas cepatan ya Pak

    Mas Admin berkata
    untuk koment di sma11sby.com memang harus registered user, untuk menghindari spam tentunya, itupun kadang-kadang masih blm cukup, sehingga masih harus memasukkan kode anti spam saat meninggalkan komentar. accountmu sudah saya approved, maaf, baru bisa bales sekarang, banyak kegiatan

    Posted by Aghnia Fithritur R | Juli 20, 2007, 12:04 pm
  2. AssaLamualaikum,,
    Because Mr.Ghofur doesn’t reply my question so I leave my comment in here… This is my “Jeritan Hati”
    Duh Pak Ghofur… aQ ceLaka 13 nich.. Kenapa kok Q di masukin kls X1 IPA 1 ci Pak,,
    Serem buanget kalo Q masuk situ coz anak-anak di situ pinter2 smua Pak,, bisa2 Q disana ga bisa berkembang nantinya,, takut minder sendiri nantinya,,,
    Apalagi Q harus 2 tahun bersama mereka.. Mungkin Q pengen masuk di IPA 4 aza dech coz teman Q Iis Nur Asiya juga pindah ke situ,,,
    Q ci ga pengen pindah kls cuma rasanya berat deh kalo harus ma mereka slama 2 tahun.. takutnya nanti Q sendiri yg stres,, duh cape deh…
    Wassalam

    Mas Admin berkata:
    Aduh, itu kewenangan saya untuk mengubah atau mangganti kelas, lagian, ini comment salah masuk, mestinya di rubrik konsultasi, tapi gak papa deh..

    Posted by Aghnia Fithritur R | Juli 20, 2007, 12:11 pm
  3. Assalammu’alaikum Wr. wb. Pak Ghofur.

    Pak, bikin kerja sama donk sama SMAN 12…biar bisa tambah maju. Misalnya, bikin workshop bareng ttg blog ato lainnya yang berhubungan dengan Internet.

    Mas Admin berkata:
    Oke usulannya saya tampung, insya Allah akan saya realisasi dalam waktu dekat ini. Tapi masaih mencari formatnya seperti apa, mungkin workshop, mungkin juga pelatihan atau yang lainnya.

    Posted by Ardian | Juli 21, 2007, 12:51 pm
  4. assalmualaikum ….
    pak saya mo tanya………
    gimana cara buat kalender yang kyk pak ghopur …trus warna nya bisa di sesuaikan dengan warna blogkita …..itutu…gimn caranya pak …..

    makasih pak ..//////hehehehe//hik sekalian blog walking pak …makasih

    wasalm

    Posted by dwi | Juli 28, 2007, 12:45 pm
  5. Ass..Pak Ghofur..alhamdulillah q naek ke kelas XI A 4. Pak sebenarya nilai UAN memang perlu dicurigai hasilnya karena ketidakwajaran itu banyak muncul sehingga harus benar2 ditangani serius oleh dinas pendidikan ybs. Bila tdak ditangani maka makin banyak orang yang memanfaatkan kejadian tersebut, walaupun tak benar jwbnnya siswa pun mudan percya oelh penipuan seperti itu. sekian dulu pak..
    Wass…

    Mas Admin berkata:
    sulit memang mengatakannya. kalo Nun tak bisa dijadikan patokan, lantas apa yang bisa dijadikan tolok ukur kualitas seseorang. emmmmhhhh.

    Posted by Aristya Rachmadani P. | Juli 28, 2007, 2:35 pm
  6. Pak ghofur,saya menyoroti tnntg PSB ajaran baru ini.Menurut saya sih PSB tahun ini sangat membantu karena dilakukan secara online.Tapi bagi orang daerah yg ingin sekolah di SBY itu sangat sulit.Belum lagi proses pendaftaran,terus harus mangurus rekomendasi,surat2 apalah,pokoknya ribet banget.Belum lagi waktu saya nendaftar harus melewati 2kali pendaftaran.1 saya harus lolos syrat2 sekolah di SBY,2 saya harus daftar lagi di sekolah SMA yg dituju.Mungkin yg menjadi penyebab karena kurangnya sosialisasi.

    Posted by andy | Oktober 8, 2007, 10:34 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: