//
you're reading...
Komputer, Tutorial

Memulihkan File/Folder yg Terkena Virus

Mengembalikan Atribut File/Folder yang Ter-hidden [tersembunyi] dan Terkunci sebagai File System

Artikel ini ditujukan untuk anda yang merasakan dampak liar dan ganasnya virus-virus lokal buatan Indonesia. Beberapa virus menjadikan file dan folder anda di-hidden bahkan di-protect menjadi system file, sehingga menjadikannya tak terlihat dan tak tampak di layar monitor pada komputer yang bersih dari virus. Memberikan kesan file anda hilang, meskipun sebenarnya tidak.

Pada dasarnya, file dan folder tersebut diberi attribut ‘hidden’ dan ‘file system’. Untuk memulihkannya, anda hanya membutuhkan serangkai aksi ringan dengan memanfaatkan perintah dasar DOS.

Prasyarat:
Komputer yang digunakan untuk mengembalikan atribut file harus bersih dari virus [atau setelah drive c: bersih dari virus]

Langkah-langkah:
1. Buka command prompt [klik start – all programs – accessories – command prompt]
2. Jendela terbuka, ketik lokasi folder yang akan dikembalikan attributnya  
   [misal: flash disk dengan drive f:] caranya ketikkan : f:lalu tekan enter
3. ketikkan: attrib /s /d -s -h
4. File dan folder anda kembali normal

Menghapus jejak virus di drive data:
1. klik kanan drive/folder yang akan dibersihkan
2. pilih search, ketikkan *.exe atau *.scr
3. klik more advanced option, lalu beri tanda check pada:

  • search system folder
  • search hidden files and folders
  • search sub folders

4. klik search, hasilnya akan tampak di jendela kanan,
5. hapus file dengan ikon folder type application [.exe] atau screensaver [.scr]

About Gempur

Saya manusia biasa tapi punya mimpi luar biasa

Diskusi

16 thoughts on “Memulihkan File/Folder yg Terkena Virus

  1. ada cara lagi mas… buka notepad truz ketik: “attrib -s -a -r -h /s /d” (tanpa petik) truz simpan di Drive yang pingin foldernya ditampilin misal D:, simpan dengan nama file: nama_file.bat trus buka drive D: lalu double klik pada file tersebut… silakan mencoba

    Mas Admin berkata:
    Oke, makasih banget masukannya, ini lebih efektif kayaknya, karena akan perang terus2an ama virus.. hehehhe

    Posted by Anas | Agustus 28, 2007, 8:03 am
  2. Pak maaf udah meng-copy paste artikel bapak tanpa sepengetahuan bapak. tapi dah aq kasih sumber kok pak.
    Aq meng-copy artikel bapak coz aq suka banget sama artikel itu. skali lagi maaf ya pak!

    Mas Admin berkata:
    oke ndak apa-apa

    Posted by Endi BlinD X-1 | Agustus 30, 2007, 4:29 pm
  3. memang sesekali kita harus menyisipkan artikel-artikel edukasi seperti yang bapak praktekan untuk kali ini agar Blog dapat lebih bermanfaat bagi pembaca…….

    Thanks,,udah comment balik ke blog saya,semoga kepintaran teman-teman sekelas saya dapat tertular dalam diri saya

    Mas Admin berkata:
    yup, memang dah seharusnya blog ada manfaatnya bagi pembaca, tapi dalam kaitan positif lhoo!. hahahahaha.
    mudah2an emang kamu dasarnya pinter tapi merendah terus menerus, jadinya ya gini ini jadinya

    Posted by DrGa | Agustus 31, 2007, 3:59 pm
  4. pak artikel anda sangat berguna bagi saya . trims ya pak. jangan lupa kunjungi juga blog saya. Trims

    Mas Admin berkata:
    makasih, blogmu juga bagus kok!

    Posted by afif_ian x-3 | September 11, 2007, 7:53 pm
  5. o ya saya luapa ini alamat blog saya
    ian3593.blogspot.com

    Posted by afif_ian x-3 | September 11, 2007, 7:56 pm
  6. Kita lihat dulu file sistem yg dipakai ama komputer kita. Kalo di windows XP/2000 kan langsung bisa karena cara yg bapak utarakan itu cocok dg file sistem NTFS. Kalo pakai windows 9x/ME kita harus masuk ke command prompt dulu. Karena file sistem FAT32 yg dipakai tidak bisa melakukan prompting lewat mode DOS biasa…

    Anyway,cara yg bapak tulis bisa dijadikan referensi

    Mas Admin berkata:
    sama saja, di winme atau win98 juga bisa kok, coba aja lagi, makasih koreksinya

    Posted by Berly | September 14, 2007, 3:13 pm
  7. Hmmmm.. terima kasih banyak ya, Pak.
    Saya kira file2 itu musnah dari muka bumi ini.
    Akan saya coba cara itu….semoga para virus sadar bahwa sekarang mereka bukanlah yang terbaik.

    Posted by fuad syamee | September 28, 2007, 2:45 pm
  8. Pak, semua cara di atas telah saya lakukan tapi, masih saja ada 5 file yang statusnya tersembunyi (hidden). Terus saya apakan lagi , Pak ???

    Posted by fuad syamee | Oktober 18, 2007, 3:41 pm
  9. Pak, komputer saya terkena virus blue fantasi. Saat memulai/masuk kedalam winXP selalu muncul pesan. Dan saya mencoba Me-Restore ulang sistemnya, setelah direstore, pesan tadi sudah tidak ada. Apa virus-virus itu tadi sudah hilang atau masih ada dalam komputer saya.

    Posted by Prathitis Kusuma Y/x-1 | Oktober 24, 2007, 4:44 pm
  10. Pak, saya udah berpengalaman dalam virus yang satu ini, virus biasanya kalau dihapus harus pakai antivirus tapi kalau kata tetangga saya bisa dihapus seperti klik kanan-delete tapi kata tetangga saya harus klik kanan-delete(keyboard) apa itu benar pak???

    Posted by yerry | November 1, 2007, 5:15 pm
  11. Pak kata tetangga saya kalau ada virus bisa dengan cara klik kanan-delate(keyboard). Dan saya sudah mencobanya dan sukses tapi emang bener bisa ya PAK?? apa bisa

    Posted by yerry | November 1, 2007, 5:23 pm
  12. mau nanya nih mas….
    komputer saya kena virus… file document udah sy pindahin di D, trus waktu diinstal ulang kok file yg sy copy itu hilang sementara data yg di D semuanya Normal….
    mohon bantuannya ,,,,,,,,,,,,,,,,…..Thanks Before

    Posted by antok | Mei 13, 2008, 11:59 am
  13. wow, berhasil!

    sial banget, tadi dari warnet. komputernya penuh virus. begitu flashdisk ditancapkan, virus menyerang. file-fileku hilang.

    setelah baca tip di atas, aku baru ngeh. ternyata tadi itu virus orang Indonesia. weleh-weleh…… padahal flashdiskku udah diformat ulang. data semuanya hilang. ternyata tidak perlu diformat ulang. i see, i see….. thank you, boss!

    Posted by day... | Juli 17, 2008, 12:36 am
  14. tadinya mo di format flash disc saya, tapi ketemu blog ini…
    thx a lot sob….sangat membantu

    Posted by heroe | Juli 25, 2008, 11:35 pm
  15. boz tolong bantu saya dunk. saya kena virus free_mine.exe rese amat. tolong kasitau cara apusnya ampe ke akar2nya pliss

    Posted by xie_pha | Desember 22, 2008, 8:06 am
  16. tengKyu berat pak, klo membersihkan virus free mine mungkin saat ini sudah banyak yang menyediakan, tappppppiiiii cuma bapak yang menuntaskan semuanya… buat apa bersih dari virus tapi data saya jadi harus di save as kan ada ratusan, fiuhhhh… sekali lagi matur nuwun, nuhun, arigato, tangkyu much much…

    Posted by oniL | Januari 8, 2009, 6:18 am

Tinggalkan Balasan

