//
you're reading...
Tips, Windows

Resize Foto Secara Massal dan Cepat

Jika anda adalah seorang yang sangat dekat dan selalu beraktifitas dengan grafis dan sering mengotak-atik gambar/grafis/foto dalam jumlah banyak, ada baiknya anda menggunakan software yang sepenuhnya free ini. Freeware ini secara spesifik ditujukan untuk pengguna yang ingin memperkecil atau memperbesar ukuran gambar/foto dalam jumlah banyak.

Bisa dibayangkan betapa repotnya jika Anda ingin memperkecil ukuran foto kegiatan anda yang jumlahnya mencapai 50 file bahkan lebih dan anda ingin menampilkannya di friendster atau di multiply. Anda pasti akan membuka satu persatu file anda dan meresizenya sesuai kebutuhan Anda. Tentunya akan memakan waktu dan tenaga yang tak sedikit.

Tapi, dengan bantuan freeware FastStone Photo Resizer, kerja anda akan sangat terbantu dan sangat efisien. freeware ini dapat mengkonversi secara massal foto digital anda yang ukurannya di atas 1 MB diperkecil hingga di bawah 100 kb dengan resolusi standar web atau sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebaliknya, foto standar kamera digital Anda bisa diperbesar hingga 2 sampai 4 kali dari foto aslinya.

Sebelum proses resize, anda bisa menambahkan tulisan pada foto-foto Anda dengan mengklik tab ‘Use Advance Option (resize, color adjust etc.)’ lalu klik pada tab ‘text’. Ketikkan judul foto/teks yang dinginkan dan atur font serta posisinya pada foto. Setelah selesai pengaturan, tinggal klik OK dan klik start. Maka, terjadi perubahan ukuran foto anda disertai adanya tulisan pada setiap foto yang dikonversi.

Selain fitur ‘resize’, freeware ini juga menyertakan fitur ‘batch rename’ yang berfungsi me’rename’ banyak file dengan sekali klik. Misal saja, Anda memilki 50 file kegiatan ‘outbond’ yang nama asli bawaan kameranya – semisal – DSCN0001, DSCN0002,… dst. Anda bisa mengganti namanya dengan – semisal – Outbond0001, Outbond0002,… dst. hanya dengan sekali klik.

Dapat dipastikan, kerja anda akan sangat terbantu dengan freeware yang tak menghabiskan resource memory terlalu besar ini. Secara keseluruhan, untuk kategori freeware, software ini patut diacungi jempol dua. Selamat mencoba.

About Gempur

Saya manusia biasa tapi punya mimpi luar biasa

Diskusi

7 thoughts on “Resize Foto Secara Massal dan Cepat

  1. Kalau saya pribadi selama ini masih pakai ACD See untuk batch resize, sayangnya ga free sih😦

    Posted by Jiewa | September 8, 2008, 10:36 pm
  2. @Jiewa: Wah mas jie mampir juga kemari… matur nuwun banget mas Jie atas infonya.. hehehehe… btw, firework-nya oke banget tuh untuk olahan foto digital.. thanks again..

    Posted by Gempur | September 9, 2008, 10:33 am
  3. Aku selama ini pake VSO image resizer. Cepet kok prosesnya cuma 10 detik. N Juga bisa concert,impor,export berbagai ekstensi

    Posted by linofian | September 11, 2008, 10:53 am
  4. @Linofian: wew keren.. makasih sharing infonya…

    Posted by Gempur | September 12, 2008, 11:03 am
  5. זה טוב…

    Posted by יוחנן שמואל ישראל דקלבאום | November 12, 2008, 3:25 pm
  6. mas apakah sofwear ini (Resize Foto) cocok untuk windows xp…?
    mohon penjelasannya atas perhatiannya saya ucapkan banyak trimakasih
    moga tmbah sukses deh…

    Posted by ahmad | Juli 10, 2009, 12:14 pm
  7. nuhun cenah …

    Posted by oblag | April 17, 2014, 12:21 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: