//
you're reading...
Blogging

Deklarasi ASEAN BLOGGER COMMUNITY Chapter Indonesia menuju Komunitas ASEAN 2015

Deklarasi Komunitas Blogger ASEAN Chapter Indonesia menyongsong komunitas ASEAN 2015

Deklarasi Blogger ASEAN - Pembacaan DeklarasiASEAN, sebagai organisasi negara-negara di Asia Tenggara memiliki peran penting dan strategis dalam peta politik internasional. Dengan peran Indonesia yang tahun 2011 mendapat kesempatan menjadi ketua ASEAN, banyak hal yang bisa dimainkan oleh Indonesia memanfaatkan momentum keketuaannya.

Salah satu butir penting dalam pembahasan KTT ASEAN di Jakarta tanggal 7-8 Mei 2011 adalah pembentukan komunitas ASEAN 2015. Target ini jelas membawa implikasi yang cukup mendalam bagi kehidupan rakyat Indonesia di masa mendatang. Kekuatan yang dibangun oleh para petinggi ASEAN membentuk kawasan regional yang kokoh secara ekonomi, sosial budaya dan ditopang keamanan regional agar memiliki daya tawar yang kuat dan diperhitungkan dunia internasional.

Deklarasi Blogger ASEAN - Iman BrotosenoKementerian Luar Negeri RI yang menjadi bagian vital di dalamnya, mengambil langkah strategis dengan melibatkan blogger sebagai salah satu mitra wicara. Sejak tahun 2010 lalu, Kemenlu RI menggagas roadshow di banyak kota besar di Indonesia dalam rangka sosialisasi di kalangan blogger. Pada Selasa 10 Mei 2011, melanjutkan programnya tahun 2010, mensponsori dideklarasikannya komunitas blogger ASEAN chapter Jakarta yang bertempat di sebuah cafe resto di bilangan Jakarta Selatan. Dihadiri puluhan blogger dari perwakilan daerah di Indonesia, acara deklarasi ASEAN blogger community ini berlangsung dengan hangat yang diisi dengan deklarasi pembentukan komunitas blogger ASEAN yang dipimpin oleh Mas Iman Brotoseno yang dilanjutkan dengan diskusi dan berbagi informasi.

Acara diskusi dimoderatori oleh mas blontankpoer, perwakilan blogger Solo dengan pembicara Bapak Hazairin Pohan, mantan Dubes RI untuk Polandia, Bapak Aris Heru Utomo, diplomat kemelu RI yang juga blogger Bekasi, dan mas gempur, perwakilan blogger Surabaya. Dalam diskusi terungkap bahwa komunitas ASEAN 2015 diharapkan mampu menjadi kekuatan ekonomi regional yang mampu memainkan peran aktif dengan daya tawar tinggi di kancah internasional, utamanya menghadapi perdagangan bebas.

Di sela-sela diskusi, bapak Hazairin Pohan mengungkapkan potensi besar yang dimiliki Indonesia dengan kekuatan ekonominya yang mendominasi 50% dari total kekuatan ekonomi 9 negara anggota ASEAN. ASEAN merupakan pangsa pasar besar bagi negara-negara industri maju, dengan komunitas ASEAN yang sedikit banyak mengacu pada Uni Eropa dan Uni Afrika diharapkan mampu memberikan dan meningkatkan kesejahteraan ke arah yang lebih baik.

deklarasi blogger asean - talkshowDalam kesempatan yang sama, mas gempur selaku perwakilan blogger daerah mengungkapkan bahwa pada dasarnya pembentukan komunitas ASEAN ini memiliki tujuan yang baik dan patut didukung sepenuhnya oleh rakyat Indonesia, utamanya blogger. Akan tetapi, yang perlu menjadi perhatian utama adalah bahwasanya blogger sebagai komunitas dunia maya yang salah satu perannya ikut serta secara aktif mensosialisasikan komunitas ASEAN tidak lantas terjebak pada ‘pragmatisme politik’ penguasa. Blogger tetap harus menjalankan fungsi kontrol efektif terhadap semua kebijakan pemerintah terhadap rakyatnya melalui tulisan-tulisannya dan tidak serta merta larut begitu saja.

Satu hal yang sangat ditekankan oleh blogger Surabaya ini adalah perlunya jargon-jargon besar terkait komunitas ASEAN 2015 itu diterjemahkan ke dalam bahasa ‘blogger’ [baca: bahasa rakyat] yang mudah dicerna agar maksud dan tujuan komunitas ASEAN tersebut terpahami dan dimengerti oleh masyarakatnya dan tidak mengambang di langit-langit diplomasi antar-pemimpin negara ASEAN. From State Oriented to People Oriented sangat perlu untuk segera ‘dibumikan’ jika ingin akselerasi menuju 2015 cepat memenuhi targetnya sebelum tiba waktunya.

Acara deklarasi komunitas blogger ASEAN diakhiri dengan harapan perlu segera adanya tindak lanjut untuk menjembatani komunikasi antarblogger anggota negara ASEAN.

Semoga deklarasi komunitas blogger ASEAN menuju komunitas ASEAN 2015 benar-benar mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat ASEAN utamanya Indonesia. Amin.

Wallahu A’lam

Deklarasi Blogger ASEAN - Capture Deklarasi

Deklarasi Blogger ASEAN - Capture Deklarasi dede rohali

__________

Acara ini terselenggara dengan baik atas support penuh IDBlognetwork

  • Sumber foto:
    • mubarika@facebook – founder idblognetwork – Media Partner Kemenlu RI dalam Deklarasi Komunitas Blogger ASEAN
    • ekoshp@facebook – blogger Bekasi – seorang pengusaha sukses
    • dede rohali@facebook – blogger benteng – pemuda keren
  • Situs blogger ASEAN: http://aseanblogger.com

About Gempur

Saya manusia biasa tapi punya mimpi luar biasa

Diskusi

5 thoughts on “Deklarasi ASEAN BLOGGER COMMUNITY Chapter Indonesia menuju Komunitas ASEAN 2015

  1. wah sukses selalu buat asean blogger..banyak pekerjaan rumah ya pak..😀

    Posted by sibair | Mei 16, 2011, 9:28 pm
  2. iyo e mas… kerjaanku okeh banget, mumet ndasku saiki😀

    Posted by aghofur | Mei 16, 2011, 10:24 pm
  3. halahhh atek mumet barang pak =))
    masak legend atek mumet🙂

    Posted by Rusa | Mei 17, 2011, 3:21 am
  4. Matur nuwun yo mas meski nggak bisa menjamu dengan baik karena kondisiku masih belum sehat

    Posted by ajengkol | Mei 18, 2011, 2:43 pm
  5. senangnya bertemu mas Gempur di sana. apalagi di tanya langsung hehe… newbie ketemu sesepuh rasanya gimana gitu 🙂

    Posted by Andi sakab | Mei 19, 2011, 10:02 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: