//
you're reading...
Blogging

Peran Blogger untuk Komunitas ASEAN 2015: Urun Rembug dari Orang Awam

Peran Blogger untuk  Komunitas ASEAN 2015: urun rembug dari orang awam

Antara harapan dan kecemasan menuju komunitas regional Asia Tenggara 2015 yang masih belum jelas ke mana arahnya.

deklarasi blogger asean - talkshowMelanjutkan tulisan sebelumnya yang sama-sama telat terbitnya terkait komunitas blogger ASEAN, kali ini saya menyampaikan di sini apa-apa yang telah saya lontarkan pada acara deklarasi pembentukan komunitas blogger ASEAN, di Jakarta, tanggal 10 Mei 2011. Masih sama dengan yang pernah saya tuliskan di tugupahlawan.com [bag.1], [bag.2], dan [bag.3]

Mudah-mudahan artikel kali bisa memenuhi hasrat saya bersuara di depan para pejabat yang berwenang dengan cara yang berbeda dari yang pernah saya lakukan dulu.

Presentasai saya mulai dengan pertanyaan:

Apa itu Komunitas ASEAN 2015?

Komunitas ASEAN merupakan sebuah konser orkestra  yang diselenggarakan oleh negara-negara ASIA TENGGARA dengan rakyat masing-masing anggotanya bertindak sebagai pemain yang bermain indah di hadapan masyarakat dunia internasional.  Sebuah orkestra yang menatap jauh ke depan masa depannya, menyajikan  kedamaian hidup berdampingan dengan stabilitas keamanan regional dan kemakmuran ekonomi  sebagai instrumennya, serta terikat bersama dalam kemitraan dalam pembangunan yang dinamis dan dalam sebuah komunitas masyarakat yang saling peduli. (mengadopsi dari http://www.aseansec.org/64.htm)

Agar konser terselenggara dengan baik, maka ada 3 pilar penyangga:

  1. ASEAN Political Security Community (APSC)
  2. ASEAN Economic Community (AEC)
  3. ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC)

Kemudian, karena saya juga ketemu dengan “jargon” di bawah ini, maka saya juga merasa perlu menekankan pentingnya pengejawantahannya dalam ranah publik yang sebenarnya.

From State Oriented to People Oriented

  • Istilah ini jelas bukan main-main, beberapa kali dalam kegiatan-kegiatan resmi terkait sosialisasi komunitas ASEAN 2015, juga dalam buku keluaran LIPI Press 2007 berjudul “Menuju Komunitas ASEAN 2015 – From State Oriented to People Oriented” disebutkan bahwa komunitas ASEAN berorientasi pada masyarakat dan bukan negara. Itu artinya, rakyat (masyarakat) wajib dan berhak mengetahui dan paham akan ke manakah mereka dibawa oleh pemimpin-pemimpinnya?
  • Transformasi dari mini-orchestra yang biasa dimainkan oleh para pemimpin negara-negara ASIA TENGGARA menjadi large orchestra atau colossal orchestra yang dimainkan dan diperankan langsung oleh rakyatnya
  • Transformasi orientasi dan peran jelas membutuhkan energi besar dalam prosesnya. Masyarakat sebisa mungkin menangkap “ide-ide besar”  tersebut dalam bahasa dan bentuk yang sederhana dan dapat mereka serap serta implementasikan dalam keseharian

Mengingat begitu besarnya pengaruh ke depan akan adanya komunitas ASEAN 2015, maka saya meminta sangat untuk

Mari bicara ASEAN dengan bahasa “BLOGGER” [baca: bahasa rakyat]

  • Berangkat dari “people oriented” maka –sebagai mitra wicara-  mari bicara dengan bahasa “Blogger” (mayoritas) yang sederhana, mudah dicerna, mengundang interaksi pembaca, karena “blogger serius”, dengan tema tersegmentasi dan terukur rasionalitasnya itu sangat sedikit peminat dikarenakan bahasanya yang “too high” berada di atas menara gading ilmu pengetahuan. Susah dimengerti dan dipahami. Tapi, blogger serius wajib tetap ada. Sebagai penjaga moral dan etika ilmu pengetahuan.
  • Dari sekian banyak referensi yang ada di dunia maya, dapat dikatakan sangat sedikit bahkan tidak ada blog atau situs yang memberikan penjelasan memuaskan tentang “bentuk-bentuk sederhana” dari “benda” bernama komunitas ASEAN. Hal ini sudah pernah disinggung oleh penulis pada “Seminar Implementasi Piagam Asean Menuju Komunitas Asean 2015 dan Perkembangan Kerjasama Asean Dengan Negara Mitra Wicara Untuk Komunitas Blogger Surabaya”, tanggal  22 Mei 2010, dan memang dijanjikan akan ada versi sosialisasi komunitas ASEAN untuk anak SMA dan berbagai segmentasi lainnya, termasuk ‘tukang becak’, ‘buruh gendong’, ‘buruh tani’, ‘buruh pabrik’ dan lain-lainnya.

Kemudian saya lanjutkan dengan pandangan saya tentang apa sih yang bisa dilakukan oleh blogger?

Peran Strategis Blogger

  • Pertama, fungsi dan peran sosialisasi, pemerintah selaku pemegang otoritas secara proaktif melakukan sosialisasi kepada rakyatnya salah satunya dengan melibatkan komunitas blogger sebagai mitra wicara. Blogger sendiri turut serta berpartisipasi aktif melalui tulisan-tulisannya di dunia online menyampaikan apa yang telah dicapai oleh pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan rakyatnya melalui Piagam ASEAN (ASEAN CHARTER). Tidak sedikit yang pesimis
  • Kedua, fungsi dan peran kontrol, blogger dan komunitasnya dapat memainkan fungsi dan peran kontrol atas kebijakan-kebijakan yang diambil pemerintah terkait dengan kebijakan-kebijakan dan langkah-langkah teknis menuju komunitas ASEAN 2015.
  • Ketiga, fungsi dan peran mediasi, banyaknya kasus terkait hubungan antarnegara Asia Tenggara yang menimbulkan gesekan-gesekan di masyarakat, blogger secara aktif melalui tulisannya dapat turut serta menjadi mediator mencapai penyelesaian masalah.
  • Keempat, fungsi dan peran akselarasi, blogger dan komunitasnya dapat secara proaktif mencari dan berkreasi melakukan upaya-upaya terobosan yang bersifat kosntruktif untuk memuluskan jalannya kebijakan pemerintah menuju komunitas ASEAN 2015. Banyak sektor yang bisa digarap dan membutuhkan banyak pihak yang dilibatkan, blogger salah satunya dapat memainkan fungsi dan peran tersebut.

Jika kemudian bahasa saya dan tingkah laku dikatakan sebagai blogger kampungan, blogger ndeso, blogger yang tidak mengerti peradaban global dan peradaban manusia modern, ndak ngerti bahasa politik tingkat tinggi dan apalah itu namanya, maka saya dengan bangga mengatakan: “Ya, mohon maaf, saya memang blogger ndeso, blogger kere, tapi saya bangga bahwa saya masih setia pada kebaikan dan kebenaran dengan memilih berkerumun dengan orang-orang biasa”.

Sungguh, saya bahagia menjadi bagian dari Indonesia yang selalu berharap tetap setia pada kebenaran dan kebaikan.

__________

Sumber foto: dederohali@facebook – kawan blogerbenteng.com – kawan bank-je

About Gempur

Saya manusia biasa tapi punya mimpi luar biasa

Diskusi

17 thoughts on “Peran Blogger untuk Komunitas ASEAN 2015: Urun Rembug dari Orang Awam

  1. Bravo; Blogger ASEAN,.. semoga sukses slalu dalam hal yg lebih positif, inovatif

    Posted by cakdhol | Mei 16, 2011, 10:34 pm
  2. pripun cak dhol kabare? waduh ngapunten jarang sowan ten sampean …. *mode uisin polll*

    Posted by aghofur | Mei 16, 2011, 10:44 pm
  3. ralat…. dederohali om not dederohadi😀

    Posted by Dede rohali | Mei 16, 2011, 10:45 pm
  4. eh, ya ampun… maaf mas… jadi gak enak nih. pasti ada kaitannya dengan mbak Alya Rohali ya?😀

    Terima kasih atas obrolan singkat di jakarta kemarin, salam buat bank-je dan kang kombor.

    Posted by aghofur | Mei 16, 2011, 10:49 pm
  5. Bacaannya tentang ASEAN Blogger 2011 keren banget, senang sekali kemarin diberikan wejangan tentang SEO yang “bahasa blogger” banget. Jadi saya yang nuwbie ini menjadi paham tentang SEO,

    Posted by Fatmasnow | Mei 17, 2011, 12:12 am
  6. Harapannya ke depan benar2 sebagai ajang silaturahmi dan ajang berbagi ilmu🙂 semoga terwujud pak dan semua blogger ASEAN🙂

    Posted by aRuL | Mei 17, 2011, 12:39 am
  7. Sukses pak. Ki sido po pindahan? wes siap aku.

    Posted by Humanpast | Mei 17, 2011, 1:24 am
  8. hmmm.. semoga diriku jadi bagian blogger ASEAN yang bisa memainkan perannya dengan baik dan benar..😀

    Posted by Anas | Mei 17, 2011, 5:25 am
  9. Asean Blogger ,, wow keren,,

    Blogger Indonesia emang okeeeey okeeeey bangeeettt🙂

    Posted by Gaptek | Mei 17, 2011, 7:48 pm
  10. ASEAN BLOGGER Community – ajang para blogger seluruh ASEAN untuk saling mendukung dan saling bekerja sama …. mantap pak ….. BTW kemarin materinya mantap pak waktu acara Blogilicious di Surabaya

    Posted by Rifat | Mei 17, 2011, 9:50 pm
  11. Dukung terus ASEAN BLOGGER COMMUNITY

    Posted by ajengkol | Mei 18, 2011, 2:52 pm
  12. Mantap! blogger ASEAN bersatu. Go ASEAN, go!🙂

    Posted by Tongkonanku | Mei 18, 2011, 10:20 pm
  13. mari dukung blogger…

    Posted by cak nun | Mei 18, 2011, 11:00 pm
  14. Dan Indonesia negara besar yang memang Layak memimpin ASEAN!

    Maju terus! Bangun Asia tenggara!

    Posted by unggulcenter | Agustus 25, 2011, 2:43 pm
  15. Maju terus untuk blogger ASEAN, majukan dikancah Internasional. Tunjukkan sebagai rakyat yang baik,.,., GO!!

    Posted by Sandu | September 10, 2011, 7:49 pm
  16. menarik untuk bisa menjelaskan komunitas ASEAN dengan cara dan bahasa sederhana, saya juga pengen baca penjelasan seperti itu

    tapi kayaknya sama bikin botaknya dengan menjelaskan network layer atau TCP/IP pada abang abang becak, hehehe

    salam buat mas gempurmedia

    Posted by jarwadi | Oktober 21, 2011, 11:18 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Peran Blogger untuk Komunitas ASEAN 2015: Sebuah Pemikiran dari Seorang Blogger - September 6, 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: