//
you're reading...
Blogging

Blogilicious Fun Makassar: Theme, SEO, and Security

The second day of Blogilicious Fun Makassar: Talking about theme, SEO, and security more deeply with high enthusiasm from audience

Banyak hal yang bisa dipetik dari pelaksanaan Roadblog 2011 IdBlogNetwork yang berlangsung di Makassar 21-22 Mei 2011, tepatnya di PKP Universitas Hasanuddin. Hari pertama pelaksanaan Blogilicious Fun Makassar yang terlewati memberi banyak inspirasi bagi pengembangan dunia blog tanah air. Terutama bagi para blogger yang secara serius berusaha sungguh-sungguh membangun personal branding atau membangun online business.

Blogilicious Fun Makassar: Talking Theme

Tak dapat dipungkiri bahwa kehebatan Mustamar Natsir sebagai desainer web yang memadukan etika dan estetika desain untuk ‘mesin pencari’ dan ‘manusia’ memberikan gambaran yang cukup gamblang bagaimana seharusnya para blogger baik newbie maupun senior memilih theme yang baik untuk situsnya.

Paparannya akan pengertian theme bagi sebuah blog sangat mudah dicerna oleh logika orang awam, panduan yang runtut bagi ‘kalangan menengah’ untuk memulai membuat theme sendiri membuka mata saya bagaimana uletnya beliau sang desainer ini dalam mengerjakan karya desainnya.

Sejujurnya saya harus katakan, satu dari dua materi yang memang saya tunggu uraiannya sebagai bagian belajar dari pengalaman orang lain di even Blogilicious de Surabaya dan Blogilicious Fun Makassar. Selama ini saya hanya bisa melakukan modifikasi kode css dan php dari theme standar wordpress menggunakan perangkat sederhana seperti notepad, wordpad, Gedit (Gnome Linux). Namun, semua itu tanpa dasar pijakan yang jelas, mengikuti naluri mengalir. Sementara itu. yang saya dapatkan dan ini bagian terpenting dalam menyusun sebuah theme adalah tahapan-tahapan yang runtut berikut tipsnya dari mas Mustamar.

Salam hormat saya untuk beliau.

Blogilicious Fun Makassar: Talking SEO

Materi yang saya sendiri sebenarnya malu untuk menyampaikannya dikarenakan masih banyak pakar yang lebih pantas membicarakannya. Tapi, apa boleh buat, saya kepalang basah didaulat untuk bicara masalah ini. Ya sudahlah, saya memulainya dengan sesuatu yang amat standar dari aturan baku yang telah ditetapkan oleh Google WebMaster Tool dalam membuat sebuah situs.

Selebihnya adalah pengembangan dan pengalaman pribadi setelah saya terapkan untuk blog personal saya. Namun, yang terpenting dari optimasi situs agar muncul di halaman pertama mesin pencari adalah integritas dan kredibilitas situs dari seorang blogger profesional yang mengutamakan kebermanfaatan konten. Relevansi hasil pencarian dengan konten situs/blog yang ditampilkan. Selebihnya, ilmu SEO hanyalah alat penunjang pemasaran situs. Ruhnya tetap ada pada blog, ada pada si pemilik blog yang benar-benar menjiwai situsnya blognya.

Di sela-sela bicara SEO, saya sempat menyampaikan pula bahwasanya menjadi blogger professional merupakan profesi masa depan yang tidak bisa dibantah lagi. Pemerintah pusat wajib melakukan penelitian apakah gelar pahlawan devisa layak disandangkan pada kalangan blogger bersanding dengan para tenaga kerja Indonesia yang mengadu peruntungannya ke luar negeri.

Masih banyak yang saya sampaikan di sela-sela obrolan SEO tercetus gagasan-gagasan, flash of mind terkait per-blogger-an tanah air. Pesan saya, kenali dan berikan ruh pada situs/blog yang kita miliki, jika tidak, SEO hanya akan menjadi tunggangan instan meraih popularitas dan kemakmuran melalaikan kita pada bahwa Tuhan senang melihat kita bekerja keras. *mengutip pernyataan mas Asri Tadda*.

Blogilicious Fun Makassar: Talking Security

Materi kedua yang saya tunggu presentasinya adalah security situs yang bercerita tentang bagaimana cara-cara hacker membobol, mencurangi, mengganti wajah situs, menghancurkan situs dengan berbagai macam teknik dan cara-cara untuk mengantisipasinya. Materi sengaja saya tunggu karena sang hacker penyampai materi ini adalah Bung Terren Jr yang kondang di dunia maya sebagai hacker handal yang kini “tobat” dan berusaha menggunakan ilmu pengetahuannya untuk berbuat kebaikan dengan menjadi “SERVER GUARD”.

Beberapa tekniknya, yang saya lihat sendiri dengan mata nanar, menyusupkan script ringan *menurut mas terren* bertuliskan “TERREN Jr. is HERE” ke dalam halaman/page sebuah situs portal berita televisi terkemuka Indonesia, maaf, saya tidak sebut merek untuk korbannya. Dalam kesempatan yang sama pula ia sampaikan beberapa tips dan trik menjaga situs dari serangan hacker dengan memasukkan kode-kode yang menurut saya rumit.

Pada mas Terren, saya hanya bisa mengatakan, “Jika nanti saya jadi migrasi dedicated server, njenengan yang akan saya minta untuk mengamankan server saya”.😀

Akhirnya, saya hanya bisa merenung dan merenung, entah kenapa diri saya menjadi demikian kerdil di hadapan para ahli-ahli itu. Di atas langit masih ada langit, maka rendah hati dan mawas diri itu wajib, meski seringkali kepongahan menghinggapi benak saya, Astaghfirullah. Hiks, maafkan daku, Ya Allah.

Untuk seluruh audiens di Makassar, terima kasih telah memberikan atensi yang luar biasa, bersemangat hingga akhir acara, mudah-mudahan bisa ketemu lagi di lain kesempatan. Jayalah dan Makmurlah Blogger!

Sukses untuk IdBlogNetwork

About Gempur

Saya manusia biasa tapi punya mimpi luar biasa

Diskusi

19 thoughts on “Blogilicious Fun Makassar: Theme, SEO, and Security

  1. woh jan muantebbbb lah pokoknya suhu gempur iki, sampe diekspor ke makassar segala. kalo ada markisa, bolehlah dibagi rata :))

    Posted by Budiono | Mei 25, 2011, 11:11 pm
  2. @Budiono: beres, bos, markisanya nanti buat ketemuan saja, rame2 minumnya😀

    Posted by aghofur | Mei 25, 2011, 11:40 pm
  3. selamat mas gempur sudah menyebarkan ilmu luar biasa di makassar…🙂

    Posted by aRuL | Mei 26, 2011, 12:19 am
  4. buah dari kerendahhatian orang berilmu selalu dipertemukan dengan orang-orang alim lainnya.

    Posted by novi | Mei 26, 2011, 12:38 am
  5. wah,, seru ni kayaknya di makasar..😦 pingin tau apa yang mas terren kemukakan kemarin..

    Posted by Anas | Mei 26, 2011, 5:26 am
  6. Makassar seru ya kek di Surabaya ya pak Gempur…
    ada karaokenya gak di sana? hahaha

    Posted by Rusa | Mei 26, 2011, 8:20 am
  7. Pak, kenapa klo posting jarang pake foto?😀 hehehe takut bikin loading berat ya?

    Posted by sibair | Mei 26, 2011, 8:57 am
  8. Wah, ada om Terren disebut, masih suka ke byroe gag ya beliau😀. Btw pak, minta kopian materinya dunkz, boleh kah ? eh trus itu klok bikin add new links (yg biasanya link ke temen2 blogger yang lain), baiknya taruh sidebar atau dibikinkan page sendiri ?

    Syukron, wassalam🙂

    Posted by fath | Mei 26, 2011, 9:06 am
  9. @aRuL: sama-sama daeng! mudah2an kita bisa sua di tanah makassar atau palopo ya..😀

    @novi: kata-katamu selalu bijak, bro! kaulah orang alim itu. *menunduk malu*

    @Anas: yg dikemukakan terren keren banget, aku ndak mudheng blas.

    @Rusa: Makassar seru lah!!! tapi syukurlah ndak ada karaoke, kalo ada, saya yg pusing.😀

    @sibair: bukan karena loading yg berat mas, tp karena saya blogger fakir kamera, hahahahaha..

    @fath: Terren Jr lak koncomu dulinan script toh?! hehehe… blogroll dimasukkan di page sahaja… materi mas terren, minta beliaunya langsung😀

    Posted by Gempur Abdul Ghofur | Mei 26, 2011, 10:00 am
  10. Aku tadi mau komentar apa ya? sebentar aku baca lagi… kecepetan tadi bacanya. Maap Pak.

    Posted by Humanpast | Mei 26, 2011, 12:22 pm
  11. salam sukses dari semarang untuk semua bloggger endonesya….😀

    Posted by Sriyono Semarang | Mei 26, 2011, 7:00 pm
  12. saya butuh private course keknya ka`… sa rela membayar bang … sakit hati nda bisa di indeks di google pada blogilicius fun makassar hehehe… padahal sudah totalitas buat video foto dan tulisan mungkin sudah begitu sewajarnya kali yagh… belajar seo susah klu mengandalkan google…

    Posted by rizved | Mei 26, 2011, 8:26 pm
  13. acara yg bermanfaat🙂

    Posted by Kurnia Septa | Mei 27, 2011, 9:29 am
  14. Sayang blogilicious ngga mampir di Manado… Padahal di Manado baru terbentuk sebuah komunitas blogger (kawanua blogger) yang menurut saya memerlukan petuah-petuah dari para senior bagaimana ketika mengarungi dunia blogosphere

    Posted by bro eser | Mei 27, 2011, 8:13 pm
  15. @Humanpast: yo kono wocoen bolak-balik sampek khatam

    @Sriyono semarang: Sukses juga untuk blogger semarang, makasih atas tegur sapanya, salam utk kawan2 blogger LOENPIA

    @Rizved: hhahahaha… butuh meditasi aja bang, sdh cukup dan praktikkan dasar-dasar SEO itu sdh cukup ndak harus di halaman 1 kok untuk menjadi Real Winner

    @Kurnia Septa: alhamdulillah😀

    @bro eser: saya usulkan ke IBN untuk thn depan mampir manado😀

    Posted by Gempur Abdul Ghofur | Mei 28, 2011, 9:12 am
  16. Salam hormat juga.Hahaha..

    Besok2 kalau mau ke Makassar lagi mesti bilang2,supaya kita siapin karpet merah.😀

    Posted by Mustamar Natsir | Mei 29, 2011, 11:41 am
  17. mas terima kasih materi SEO-nya. sudah saya praktekin semua. Mau tanya sedikit, blog dummy itu black hat yah?

    Posted by khairul faiz | Mei 29, 2011, 4:57 pm
  18. keywords pas + unique conten + seo = #1 di om google

    Posted by pugalu | Mei 30, 2011, 11:46 am
  19. waahhh,,jadi pngeennn nghadiriiiinnn,,.iriii sobb..hehehe
    Salam kenal dari blogger UMY

    Posted by Karyaku UMY | Juni 2, 2011, 8:36 am

Tinggalkan Balasan

