//
you're reading...
Blogging

Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia: Catatan Kecil

Blogger Nusantara sepertinya menemukan titik awal kediriannya, meski ia lama terinkubasi dalam alam pikir khalayak blogger Indonesia cukup lama.

Sidoarjo akan menjadi tempat dan saksi sejarah lahirnya komunitas blogger nusantara, sebuah organisasi blogger yang mungkin terbesar di Indonesia bahkan mungkin dunia. Perkumpulan blogger yang tak sekadar sebuah even, mungkin.

Pagelaran yang akan berlangsung 28 hingga 30 Oktober 2011 ini merupakan titik awal perjalanan perkumpulan besar blogger Indonesia. Ia bisa menjadi apapun sesuai apa yang diinginkan pendirinya, yang bakalan berjumlah 1000 orang, bisa kurang bisa lebih.

Blogger Indonesia

Sekadar flashback, usia blogger Indonesia memang belum cukup lama, hampir sama dengan usia blogger dunia lainnya.

Akan tetapi, 5 tahun belakangan perkembangan blog di Indonesia boleh dikata menunjukkan peningkatan jumlah yang signifikan. Peningkatan jumlah blog seiring dan sejalan dengan menjamurnya komunitas blogger daerah yang banyak mendeklarasikan dirinya di antara tahun 2006 hingga 2011.

Tak hanya itu, berbagai even lokal dihelat untuk menunjukkan eksistensi kehidupan komunitas blogger lokal yang begitu dinamis. Tak hanya itu, even pertemuan blogger nasional juga terjadi sejak tahun 2007 yang awal dihelatnya di Ibukota Jakarta.

Meski demikian, even nasional tersebut tak menjadikan dirinya sebagai wadah organisasi blogger se-Indonesia.

Merebaknya Blogpreneur Indonesia

Satu hal lagi yang tak bisa dipungkiri, merebaknya blog-blog yang difungsikan sebagai alat/media untuk menghasilkan uang yang mulai dikenal dan diminati oleh khalayak ramai sejak google adsense membuktikan banyak blogger Indonesia yang merasakan manisnya bisnis online.

Kemunculan blogpreneur tak bisa disanggah dan dibendung, justru semakin lebih diminati daripada aktifitas blogging murni karena janji kesejahteraan dan kemandirian.

Blogpreneur tak sekadar menghasilkan sesuatu secara langsung dari blognya, misal, tingginya traffic bisa jadi meningkatkan nilai jual blog pada advertiser atau broker atau agency. Pemilik blog dapat memasang iklan orang lain dan mendapatkan penghasilan dari klik pengunjung.

Selain itu, impact yang didapatkan boleh jadi tidak langsung, blog sekadar alat promosi, misalnya. Blog menjadi alat personal branding yang memperkuat nilai dan daya jual profesi pemiliknya. Blog menjadi media atau sarana penjualan produk dari pemiliknya.

Sayangnya, merebaknya blogpreneur di berbagai daerah tak sejalan dengan etika blogging yang biasa dilakukan oleh kawan-kawan blogger ‘murni’ yang menulis karena hobi dan panggilan hati. Tak hanya blogger yang terkena imbasnya, akan tetapi para netter Indonesia pada umumnya.

Hal ini memunculkan pertanyaan bagaimana untuk mencoba meluruskan penyimpangan yang terjadi di kalangan blogger, utamanya blogpreneur, terkait etika salin-tempel, hasil pencarian mesin pencari yang membingungkan dan kasus-kasus lainnya.

Meski pastinya tak semua blogger berlaku demikian. Bahkan mungkin hanya sebagian kecil saja. Lantas apa solusinya?

Blogger Nusantara Wadah Resmi Blogger Indonesia?

Dari uraian panjang di atas tampaknya menarik adanya sebuah gagasan untuk membentuk satu organisasi blogger Indonesia yang mampu mewadahi seluruh blogger, menampung semua permasalahan yang ada dan berusaha mencari solusinya.

Blogger nusantara yang berkumpul dengan jumlah besar itu bisa saja menjadi perkumpulan yang berangkat dengan kebersamaan untuk merumuskan kesepakatan, kesepahaman bagaimana seharusnya menjadi blogger yang baik.

Blogger yang diharapkan menjadi ujung tombak pengisi konten internet dengan kualitas tulisan yang bagus dan mengangkat citra Indonesia di dunia maya.

Blogger yang bisa mengangkat harkat martabat bangsa dengan kemandiriannya yang beretika. Memakmurkan dirinya, keluarga dekatnya, kerabatnya, lingkungannya, mewarnai negaranya dengan berbagai kebaikan dan kemaslahatan.

Blogger yang bisa menjaga dirinya dan saling bertegur sapa saling mengingatkan untuk selalu setia pada kebaikan dengan sikap toleransi dan egaliter. Siap mengkritik dan dikritik. Terbuka untuk perubahan ke arah yang baik.

Blogger nusantara bisa saja merumuskan kode etik koridor kebaikan yang bisa dijadikan ‘ teks suci’ para blogger dalam menulis. Sekaligus bisa juga bertindak selaku ‘penjaga moral’ dengan semangat kebersamaan dalam kebaikan.

Semoga.

About Gempur

Saya manusia biasa tapi punya mimpi luar biasa

Diskusi

6 thoughts on “Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia: Catatan Kecil

  1. intinya kl jd blogpreneur jangan hanya mengisi blog dgn kata kunci nan sampah yg tidak ada isinya hihi~ * yg sering kesangkut ke blog yg isinya kata kunci doang kl pas searching*

    Posted by didut | Oktober 17, 2011, 8:09 am
  2. Setiap pergerakan adalah perguruan. Bagaimana kita menempatkan diri untuk berguru, mengambil yang baik dan menepikan yang tidak perlu untuk digunakan dilain waktu.

    Tidak ada hal yang tidak baik, bahkan orang mencuri pun memberi pelajaran ke orang lain agar tidak mencuri.

    Posted by Kika | Oktober 17, 2011, 4:28 pm
  3. masih rindu dengan blogosphere jaman dulu, masih banyak ritual tukeran link, masih banyak lempar-lemparan PR dan akhirnya menemukan teman lain dari negeri entah berantah, dan kemudian menambah saudara.

    sekarang udah gak ada ritual aneh kayak gitu lagi😥

    Posted by nug | Oktober 20, 2011, 4:06 pm
  4. apapun alasannya..
    maju terus blogger Indonesia

    Posted by ferdiansyah | November 18, 2011, 6:45 pm
  5. Memang sekarang blog sudah berkembang di indonesia, sebagai bahan referensi silahkan kunjungi blog Masked Blogger ini

    Posted by MaskedBlogger | Januari 27, 2012, 8:49 am
  6. Semoga blogger Indonesia makin maju!🙂

    Posted by Dedicated Server | Juli 17, 2012, 2:14 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: