//
you're reading...
Blogging

Kopdar Blogger Nusantara, Blogger Upacara, Sumpah Pemuda dan Nasionalisme Indonesia

Tepat sebulan lalu, 28 Oktober 2011 acara kopdar blogger nusantara dilangsungkan dan merupakan rangkaian pertama dari tiga hari acara.

Even peringatan sumpah pemuda menjadi titik momentum utama berkumpulnya blogger se-tanah air. Kebanggaan pada Indonesia mengemuka sebagai salah satu spirit para blogger untuk menghadiri acara kopdar ini, tak bisa dibantah.Kedatangan rombongan dari berbagai daerah tak berhenti hingga malam harinya. Maklum, meski akhir pekan, akan tetapi harinya bertepatan dengan hari Jum’at yang masih banyak yang susah meninggalkan pekerjaan utamanya di kantor.

Panitia akomodasi terlihat paling sibuk sejak sehari sebelumnya terkait penjemputan rombongan yang hadir dari berbagai daerah. @heru_budiyanto, @sibair, dila, intan, adalah 4 orang utama punggawa akomodasi dan transportasi di luar tim acara @platm yang bertugas di dalam gedung convention hall. Motto sie transportasi meski dengan akomodasi yang SDM-nya sangat terbatas, berjuang keras memberikan layanan prima.

Acara di hari pertama sebelum tengah hari diisi dengan pembukaan dan sambutan-sambutan. Awalnya, dengan spirit sumpah pemuda, ada ikrar yang dibacakan oleh seluruh blogger yang hadir di hari pertama, akan tetapi, melalui diskusi tim SC, utamanya atas inisiatif eyang @Anjarisme yang juga penyusun teks ikrar blogger nusantara, maka pembacaan ikrar dan manifesto diundur di hari ketiga, alasannya, peserta belum terkondisikan yang tentunya sulit mendapatkan ‘ruh’nya. Manifesto jati diri blogger nusantara sendiri disusun oleh Ki Demang @Suryaden.

Oke, untuk ikrar ditunda hari ketiga, akan tetapi masih ada acara “gila” terkait dengan peringatan sumpah pemuda. #BloggerUpacara. Hashtag yang kemudian laris manis di linimasa pasca acara kopdar. Ide upacara ini lahir dari suasana batin @suryaden yang rindu #nasionalisme dalam bentuk “praktik lama”, upacara secara fisik. Kesadaran kekinian yang acapkali menuai sinisme akan praktik-lama wujud nasionalisme menjadi keprihatinan bersama tim penggagas blogger nusantara.

Diskusi di milis oleh tim SC terkait upacara penghormatan kepada arwah pahlawan di Taman Makam Pahlawan Sidoarjo sudah jauh hari dilakukan dan disepakati dilaksanakan sore harinya. Untuk acara ini pun butuh koordinasi dengan pihak Koramil setempat yang memfasilitasi dan mengarahkan prosesi upacara dan tabur bunga.

Seyogyanya acara ini diikuti oleh seluruh peserta kopdar, seluruh blogger Indonesia. Namun, alasan teknis menjadikan acara ini hanya diikuti oleh 50-an lebih perwakilan blogger dari berbagai daerah mengingat acara di dalam gedung convention hall juga masih berlangsung.

Upacara penghormatan dipimpin langsung oleh ki demang @suryaden atas arahan pihak Koramil. Sangat khidmat meski singkat, penghormatan, mengheningkan cipta dan doa dilanjutkan dengan tabur bunga. Banyak cerita yang keluar dari pihak koramil saat dialog terjadi pasca upacara. Meski menjadi bahan guyonan di antara peserta upacara sendiri yang rata-rata sudah lama tak melakukan upacara, namun suasana batinnya tak dapat dibohongi bahwa blogger nusantara masih menyimpan cinta yang besar untuk Indonesia. Nasionalisme itu masih terjaga indah.

Salam Blogger Nusantara!

Taman Makam Pahlawan Sidoarjo Tabur Bunga setelah Blogger Upacara di Kopdar Blogger Nusantara

Blogger Upacara di Kopdar Blogger Nusantara  Blogger Upacara di Kopdar Blogger Nusantara

Pengarahan dari Bapak TNI untuk Upacara Penghormatan pada Pahlawan di Kopdar Blogger Nusantara  Persiapan Upacara Penghormatan pada Para Pahlawan

Foto by @Sheedbientanghttp://kaksheed.com/

About Gempur

Saya manusia biasa tapi punya mimpi luar biasa

Diskusi

One thought on “Kopdar Blogger Nusantara, Blogger Upacara, Sumpah Pemuda dan Nasionalisme Indonesia

  1. andaikan kemaren jadi upacara acaranya keren banget pak,
    tapi denger-denger sebagian ada yang ke makam pahlawan depan gedung itu tapi ada yang gak ngerti kabarnya juga
    sayang banget🙂

    Posted by fazza | November 29, 2011, 6:13 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: