//
you're reading...
Artikel Ringan

Batik Tanjung Bumi

batik

batik (Photo credit: r0ssie)

Batik sepertinya menjadi produk yang tak lekang oleh jaman. Kain dengan motif aneka rupa warna dan coraknya ini asli produk budaya Indonesia. Sentra batik pun tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Masing-masing daerah memiliki corak dan motif yang memiliki karakteristiknya yang unik dan memang menarik.

Salah satu daerah yang memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri adalah Batik Madura. Batik Madura sebagai salah satu aset Batik Indonesia ternyata memiliki keragaman dan keunikan terutama dari sisi warna yang terlihat mencolok jika dibandingkan dengan batik-batik dari daerah lainnya. Salah satunya adalah batik tanjung bumi.Melalui salah satu sesi Blogilicious 2012 di Madura (presented by TELKOM MULTIMEDIA dan IBN) yang berlangsung pada 7-8 Juli 2012, tepatnya di sesi blogpreneur yang diisi oleh Kang Genthokelir (Toto Sugiharto), ada satu peserta yang bertanya bagaimana menjadikan Batik Tanjung Bumi sebagai salah satu BATIK KHAS MADURA populer tak hanya di kampung halamannya tapi juga populer di dunia maya. Lalu, bagaimana caranya Batik Tanjung Bumi tersebut bisa laku dijual secara online melalui blog.

Pertanyaan terkait Batik Madura ini terlontar setelah Mas Toto Sugiharto memaparkan kesuksesannya terkait pemasaran kambing ettawa melalui situsnya di kambingettawa.org. Pertanyaan tersebut tentunya menggelitik dan wajib dijawab, bagaimana caranya menjadikan Oleh-oleh Khas Madura yang satu ini bisa populer di search engine, minimal bagi pengrajin Batik Tulis Madura tersebut.

Keunikan Batik Tulis Tanjungbumi Madura

Batik Tanjung Bumi memiliki keunikan dari warnanya, jika mengerti cara mencuci dan menyimpannya, makin lama makin cerah warnanya. Motifnya pun terlihat unik dengan bahan yang terasa lebih lembut.

Proses pembuatan Batik Tanjung Bumi membutuhkan waktu sekira 6 bulan untuk kualitas yang paling bagus dengan harga dipatok di kisaran 10 juta, semua bahan pembuatan dari bahan-bahan alami tanpa campuran bahan kimiawi. Kualitas menengah butuh proses waktu sekira 2 bulan dengan harga di kisaran 250 ribu ke atas. Kualitas paling bawah proses pembuatannya membutuhkan waktu sekira 3 minggu dengan bahan pembuatan campuran alami dan kimiawi. Harga-harga di atas tersebut untuk ukuran kain batik dengan panjang 2 meter x 1 meter.

Untuk mendapatkan produk Batik Tulis Tanjung Bumi Madura, dapat menghubungi salah satu pengrajinnya di 082331331936 atau dapat mengirim ke qaimah.1991@gmail.com dengan contact person Ana Qaimah L.M.D.R. Jika anda mengalami kesulitan menghubungi, silakan kontak pak slamet 085231072505 atau @gempurmedia di 082139521312.

About Gempur

Saya manusia biasa tapi punya mimpi luar biasa

Diskusi

One thought on “Batik Tanjung Bumi

  1. wouuuwww…, ada namaku di cni..!!!
    ckckckckck….

    Posted by Ana Qaimah | Agustus 1, 2013, 11:34 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: