//
you're reading...
Budaya

Soto Banjar, Kuliner Khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Soto Banjar, salah satu kuliner khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan dengan kuah santan dan lontong.

Perjalanan ke Banjarmasin dalam rangka Blogilicious 2012 yang sudah sampai kota ke-4 setelah Bangkalan, Solo, dan Maros ini menjadi perjalanan kuliner yang kaya ragam rasa makanan cita rasa lokal.

Melalui sebuah insiden kecil di Bandara Syamsudin Noor, Banjar Baru yang menghilangkan bagasi bawaan saya, meski ketemu juga, akhirnya saya berjumpa dengan Soto Banjar yang disantap oleh kawan TerrenJr di sebuah warung depan hotel Mira, Depot Lisa tepatnya.

Menu Soto Banjar malam itu sebenarnya makanan yang ingin saya santap, tapi berhubung pakai lontong, saya mengurungkan niat untuk menikmatinya. Saya butuh nasi untuk suplai tenaga saya yang terkuras habis akibat kehilangan bagasi setelah 1 jam mencari. Pilihan jatuh pada Bebek Bakar Banjar di mana saya lahap menghabisi satu setengah piring nasi. *rakus amat ya*😀.

Kuliner khas Banjarmasin yang populer ini akhirnya saya nikmati di malam kedua di depot yang sama. Kuah santan Soto Banjar maknyus bener. Agak pekat seperti kuah kare atau Soto Betawi tapi memang beda banget rasanya. Memiliki kekhasan lokal seperti halnya makanan khas daerah lainnya.

Meski sebenarnya bukan tipe yang peka banget terhadap makanan -mengingat apapun makanannya pasti saya lahap menghabisinya-, akan tetapi serasa rugi jika sudah jauh-jauh datang tak mencicipi dan menikmati Soto Banjar, Kuliner Khas Banjarmasin ini. Dijamin gak rugi. Selamat menikmati.🙂

About Gempur

Saya manusia biasa tapi punya mimpi luar biasa

Diskusi

7 thoughts on “Soto Banjar, Kuliner Khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan

  1. syukran sudah menjadi penyemangat blogger di Banjarmasin, akhirnya banyak yang minat untuk menjadikan blognya jadi duit, kapan2 ajarin saya main di SEO Pa, agar saya bisa memperkenalkan indahnya agama yg saya anut

    Posted by @LelakiKeren | September 10, 2012, 7:41 am
  2. maknyos pak soto banjarnya ^_^

    Posted by Kahar Ngeblog | September 10, 2012, 4:27 pm
  3. Soto banjar nya kelihatan enak banget pak😀

    Posted by Shovya | September 11, 2012, 3:59 pm
  4. @lelakikerens: hehehehe, masnya lbh keren dr saya ilmunya *malu banget*

    @kaharngeblog+@shovie: sotonya emang maknyussss😀

    Posted by Gempur | September 12, 2012, 5:34 pm
  5. Maknyos banget khan pak sotonya. Klo namanya SOTO BANJAR pasti pake LONTONG. Kalo pake nasi namanya NASI SUP. Klo di JAWA, SOTO yang pakai NASI ya pak?

    Btw. Mas Terren aja kemarin juga salah tebak. Dikira SOTO BANJAR yang pake NASI. Hohoho…

    Posted by Mas Jamal | September 13, 2012, 11:14 pm
  6. @Mas Jamal: Iya mas jamal, Soto Banjarnya pake lontong, kalo pake nasi memang Sup Banjar. Di Jawa, Soto dan Sup sama-sama pake nasinya.😀
    Aku juga taunya dari mas Terren kalo Soto Banjarnya pake lontong =))

    Posted by aghofur | September 17, 2012, 10:08 pm
  7. bingung mau komen apa, jadi nanya aja deh, mas gempur ganteng, ini blog nya auto do follow nda comment nya??klo iya, ntar saya ajakin temen2ku tuk komen disini yak? hihihihihihihihihihi

    Posted by adhitya cakep makassar | September 28, 2012, 8:16 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: