//
you're reading...
Aku dan Pikiranku, Belajar

Menyanyi, Memberi Warna Dunia Anak

Melalui nyanyian dan menyanyikannya  anak belajar banyak hal. Menyanyi melatih perkembangan bahasa anak dari liriknya, melatih daya ingat, mengasah kemampuan mendengar, melatih motorik kasar karena dengan menyanyi anak tak hanya bersuara tapi juga menari atau melompat-lompat.

Dengan menyanyi anak-anak belajar taat pada perintah misal dengan orang tua meminta ia membuat lingkaran. Dengan menyanyi bersama teman misalnya, anak belajar bersosialisasi, mereka juga belajar mengenal angka, huruf dan lingkungan. Untuk lebih dalam menggali potensi anak dalam menyanyi, ada beberapa tips menarik untuk orang tua.

  • Orang tua menyediakan lagu-lagu anak, baik dalam bentuk cd, vcd atau unduh lagu anak di youtube yang banyak tesedia gratis untuk dilihat anak. Perhatikan lirik dan nadanya. Cari yang mudah dicerna anak sesuai dengan umurnya.
  • Orang tua tidak boleh membiarkan anak-anaknya  menyanyikan lagu-lagu orang dewasa. Liriknya tak baik untuk pertumbuhan jiwa anak, begitupun nadanya yang seringkali rumit untuk anak.
  • Biasakan anak berkreasi dengan nada dan liriknya sendiri sesuai dengan umurnya. Jika tidak, orang tua hendaknya kreatif menciptakan nada dan lirik dengan kalimat-kalimat sederhana seperti pengenalan anggota tubuh atau makanan dan minuman yang ia konsumsi, dan lain-lainnya.
  • Biarkan anak berkreasi dan hendaknya orang tua menghindari mencela cara anak bernyanyi. Tumbuhkan semangat dan motivasi anak.
  • Ikutkan anak untuk kursus vokal, tentunya melalui seleksi ketat dari orang tua agar tak membebani anak.
  • Ikutkan anak dalam ajang kompetisi yang menunjang bakat menyanyi anak.

Semoga bermanfaat.

About Gempur

Saya manusia biasa tapi punya mimpi luar biasa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: